Lestarikan Lingkungan Hidup Uniska Kediri Tanam Dua Ribu Bibit Pohon Jenis Konservasi

oleh -28 views
SURYA RADIO KEDIRI – Bagian dari upaya untuk penyelamatan lingkungan hidup , Universitas Islam Kadiri menerima bantuan sedikitnya 2 ribu bibit pohon tanaman konservasi dan tanaman buah.
Secara simbolis bibit pohon ini diserahkan oleh Perum Jasa Tirta 1 dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman bersama.
Menurut keterangan Ali Maschan Moesa sebagai rektor Universitas Islam Kadiri menjelaskan jika Uniska selalu terbuka berkolaborasi dengan siapa pun.
Bantuan tanaman ini menurutnya sangat penting sekali, karena bersentuhan secara  langsung dengan universitas pertanian.
” Soal tanaman ini sangat penting sekali, karena Uniska Kadiri ini, salah satu universitas pertanian ya cukup konsen untuk pengembangan  kepentingan masyrakat, Bahkan do’akan saja  saat ini kami sedang riset untuk makanan ternak, ” terangnya Kamis 04 Febuari 2021.
Ia menanggapi riset pakan ternak yang dikembangkan oleh para mahasiswanya tersebut sangat penting dan dapat membantu meringankan beban para peternak, mengingat sekarang ini harga pakan dirasa  kelewat mahal.
” Makanan ternak selama ini pabrik pabrik besar itu, laporan yang diterima a Uniska itu terlalu mahal. Peternakan sekarang itu pek pok (gak untung juga gak rugi) ae lah.  Kita sekarang lagi riset semoga bikinan kita lebih murah, lebih murah dan kompetitif, itu juga ada hubungan dengan jasa tirta juga, ” Ujarnya.
Sementara itu Zaenal Arifin Dekan Fakultas Hukum Uniska Kadiri ikut menambahkan jika, Mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut di antaranya BEM Fakultas, BEM Universitas, kemudian mahasiwa yang mengambil hukum lingkungan.
” Kita mencanangkan lingkungan yang bersih, lingkungan sehat  kita lihat tanaman tanaman sudah banyak. Plastik kita hilangkan, kebetulan ini bersambut dengan jasa tirta yang mencanangkan kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan, ” Ujar pria beristrikan  seorang pengacara sekigus dosen ini.
Kegiatan penandatanganan Nota kesepahaman bersama Universitas Islam Kadiri dengan Perum Jasa Tirta sekaligus kuliah umum bersam a direktur utama Perum Jasa Tirta bertemakan beradaptasi dalam perubahan masa depan bagi generasi muda Indonesia dilaksanakan di gedung lantai 2  Aula Kampus.
Karena masih pandemi, pelaksaan  kuliah umum dilaksanakan secara virtual, dengan pemateri direktur utama petum jasa Tirta Dr. Ir. Raymond Valiant Ruritan, ST. 2000 bibit tanaman pohon ini nantinya akan ditanam dilahan uji coba fakultas pertanian milik Universitas Islam Kadiri.
” Kami juga mendapatkan informasi ada lahan untuk uji coba fakulitas pertanian, itu kami berinisiatif istilahnya mendahului mengawali program ke depan. Diantaranya nanti penanaman pohon, karena memang salah satu tugas kami dalam hal ini BUMN pengelolah sumber daya air juga konservasi teknis jumlah disesuaikan dengan kebutuhanya, ” Jelas Didit Prihambodo selalu kepala departeman humas perum jasa Tirta 1.
Secara simbolis tanaman yang diserahkan berupa tanaman buah matoa serta tanaman konservasi bibit pohon beringin.(ko)