Bupati Kediri Panen Raya Bersama Masyarakat

oleh -7 views

SURYA RADIO KEDIRI – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melaksanakan panen raya jagung bersama masyarakat di Desa Kedungmalang Kecamatan Papar, (18/3/21). Sebelumnya, Mas Bup Dhito juga melakukan panen padi dan jagung organik di Desa Bangkok Kecamatan Gurah.

Usai tiba di lokasi yang terletak di lahan persawahan di Desa Kedungmalang, Mas Bup langsung naik ke mesin corn combain harvester untuk melakukan panen jagung. Mesin ini mampu melakukan pemetikan, mengupas dan memotong jagung secara otomatis, dimana batang dan jagung juga akan terpisah.

Dengan luasan sekitar 1 hektar, mesin ini mampu melakukan panen kurang dari 30 menit serta menghemat biaya lebih dari 100 persen dibanding petik manual menggunakan tenaga manusia. Saat ini area persawahan warga yang ditanami jagung mencapai 25 hektar dan 75 persen diantaranya siap panen.

Usai melakukan panen, Mas Bup berdialog dengan warga. Dalam acara yang dikonsep sederhana ini, Mas Bup mendapat sejumlah masukan dari petani jagung. Dari diskusi tersebut, Mas Bup menyimpulkan jika bantuan dari pemerintah berupa bibit jagung selama ini dinilai kurang efektif. Untuk itu beliau akan melakukan kajian ulang dengan mengumpulkan pihak terkait untuk memberikan bentuk bantuan yang terbaik bagi petani.

Melihat antusias petani serta potensi tanah yang cocok untuk menanam jagung, Mas Bup yakin, kedepan Kabupaten Kediri mampu menjadi sentra penghasil jagung dan penyumbang jagung nasional. Di akhir acara, warga memberikan sepotong tumpeng untuk bupati sebagai bentuk rasa syukur hasil panen yang melimpah.(adv/Kominfo/nar)