Layani Masyarakat Pedesaan,Satlantas Polres Tulungagung Melaunching Sisuka

oleh -51 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Satlantas Polres Tulungagung melaunching SIM Masuk Desa (Sisuka) untuk melayani masyarakat pedesaan di Kabupaten Tulungagung, Senin (29/3/2021).

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP. Muhammad Bayu Agustian mengatakan, tujuan diluncurkan SIM masuk desa ini merupakan program kerja 100 hari Kapolri dan menindaklanjuti Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 tentang pembuatan SIM yang sudah diubah menjadi perkap nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan SIM. SIM yang baru ini dapat merecord apabila ada masyarakat yang melanggat lalu lintas.

“Pembuatan SIM masuk desa ini diprioriaskan kepada masyarakat yang akan melakukan atau perpanjangan SIM yang masa berlakunya sudah habis. Dalam satu hari sebanyak 20 sampai 50 pemohon SIM perpanjangan,” ucap Kasatlantas Muhammad Bayu Agustian, Senin (29/3/2021).

Ia juga menyampaikan, bagi masyarakat yang mengajukan perpanjangan SIM, nantinya melalui Bhabinkamtibmas yang akan dilanjutkan ke Pihak Satlantas untuk dilakukan sosialisasi.

“Persyaratan perpanjangan SIM masuk desa sama dengan perpanjangan di kantor Satpas. Yakni, meliputi test psikologi, test kesehatan, dan membawa SIM lama. Proses waktu kurang lebih antara 5 sampai dengan 10 menit,” jelasnya.

Diharapkan, dengan adanya SIM masuk desa akan mempermudah masyarakat untuk proses perpanjangan SIM. Dan nantinya, Korlantas Mabes Polri juga mempersiapkan beberapa aplikasi untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses. Yakni aplikasi ujian psikoogi, aplikasi E kesehatan.

Sementara itu salah satu warga, Aria Agustina mengatakan, ia menyambut antusias dengan adanya program SIM masuk desa ini.

“Proses perpanjangan SIM masuk desa ini sangat mudah dan cepat bila dibandingkan mengurus di kantor Satpas,” ungkapnya. (gus/fif).