Usut Penganiayaan Terhadap Nuhadi, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Damai

oleh -6 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Gerakan Journalis Anti Kekerasan (Gejolak) melakukan aksi damai di Halaman Mapolres Tulungagung, Selasa(31/03). Mereka meminta kepada aparat kepolisian agar mengusut penganiayaan terhadap Nurhadi, salah satu wartawan Tempo di Surabaya, pada hari Minggu (29/03) kemarin.

Bramanta, Koordinator Aksi menyampaikan, aparat penegak hukum diminta untuk mengusut tuntas kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo di surabaya.

“Aparat penegak hukum harus menangkap oknum yang melakukan kekerasan tehadap wartawan Tempo yang dianiaya,” ucam Bamanta, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, kasus kekerasan terhadap jurnalis meningkat sejak tahun 2019. Berdasarkan data Lembaga Bantuan Hukum(LBH ) kasus kekerasan terhadap jurnalis sebanyak 39 kasus. Artinya jumlah kasus kekerasan bertambah setiap tahun.

“Kami berharap, kasus kekerasan terhadap wartawan tempo di Surabaya yang terakhir kalinya. Dan meminta kepada aparat kepolisian bersikap adil dalam melaksanakan proses hukum,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto mengatakan, pihaknya memberi apresiasi kepada jurnalis yang melaksankan aksi damai.

“Kami berharap agar memproses dengan ketentuan yang berlaku secara transparan, ucap Kapolres Tulungagung, Rabu (31/3/2021).

Ia juga menyampaikan, pihaknya akan koordinasi dengan stakeholder termasuk TNI/Polri yang sudah terbangun akan lebih kami tingkatkan.
Supaya kejadian di Surabaya tidak terjadi atau terulang kembali di wilayah kabupaten Tulungagung. (gus/fif).