Gempa 6,7 Skala Richter Di Malang Berdampak Di Tulungagung

oleh -21 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Gempa 6,7 skala richter mengguncang Kabupaten Malang sekitar pukul 14.10 wib. Pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Malang dengan kedalaman 25 kilometer, Sabtu (10/4/2021).

Meski demikian, gempa ini tak berpotensi tsunami. Getaran tak hanya dirasakan di Kabupaten Malang saja, namun juga terasa di Kabupaten Tulungagung.

Wandi, salah satu warga Desa Pinggirsari, Kecamatan Ngantru juga merasakan getaran gempa ini. Saat gempa terjadi, pemilik usaha ayam potong ini sedang memindahkan ayamnya ke kandang. Kemudian ia merasakan ada getaran. Sontak ia keluar bersama keluarga dan karyawannya dari rumah.

“Kedua anak saya sampai menangis, dan saya menenangkan keduanya karena ketakutan,” ucap Wandi, Sabtu (10/4/2021).

Sementara itu Kepala BPBD Tulungagung melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Nadlori Alwi saat dihubungi lewat telefon mengatakna, pihaknya mendapat laporan yang masuk bahwa ada daerah di Tulungagung yang terdampak gempa.

“Ada tadi di Balesono Kecamatan Ngunut, terus di Gempolan Kecamatan Pakel,” katanya, Sabtu (10/4/2021).

Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait bangunan atau rumah warga yang rusak. Nantinya, jika memang rusak karena gempa akan diberikan bantuan dari BPBD
sesuai petunjuk Bupati.

“Berdasarkan data awal yang dihimpun oleh Tim BPBD Kabupaten Tulungagung, ada 7 Kecamatan yang terdampak kerusakan akibat Gempa tektonik ini meliputi, Kecamatan Kalidawir, Sumbergempol, Tulungagung, Tanggunggunung, Gondang dan Kecamatan Ngunut,” tandasnya. (10/4/2021).(gus/fif)