Pelaksanaan Antusiasme Masyarakat Vaksinasi Secara Drive Trhu Menurun, Ini Penyebabnya

oleh -12 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Antusiasme masyarakat Kabupaten Tulungagung terhadap pelaksanaan vaksinasi secara divre thru masih belum tepat. Hal ini disebabkan bersamaan pelaksanaan vaksinasi di 34 faskes yang digelar serentak, Senin (14/06/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Kasil Rohmat, melalui Kabid Pencegahan dan Penularan Penyakit, Didik Eka mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di masing masing faskes sampai tingkat kelurahan. Yakni lebih mendekatkan layanan kepada pra lansia dan lansia tersebut.

“Dibanding sebelumnya, kegiatan vaksinasi secara divre thru sangat banyak. Hal ini membuktikan bahwa cakupan minimal 60 sampai 70 persen di akhir bulan Juni,” ucap Didik Eka, Senin (14/6/2021).

Total lansia dari jumlah sasaran sebanyak 117.000 orang. Dari total 117.000 orang tersebut meliputi tenaga medis, pelayan publik, dan lansia.

“Nantinya, tahapan vaksinasi kedepan akan diberikan kepada pra lansia dan lansia sebnayak 400.000 yang ditargetkan sampai bulan Mei 2022,” kata Didik.

Sementara itu, untuk tenaga pengajar seperti guru SMK, SMA dan perguruan tinggi yang belum mendapat vaksinasi sebanyak 375 orang dari total keseluruhan sekitar 7.000 orang.

“Rata rata yang belum mendapakan vaksinasi bagi tenaga pengajar karena sakit, hamil dan bepergian. Sehingga tidak bisa datang. Dan apabila tenaga pendidik belum mengikuti vaksinasi, maka tidak boleh mengajar, serta bagi mereka yang belum melakukan vaksinasi akan kami undang kembali,” tandasnya. (gus/fif).