Lonjakan Kasus Covid 19 Di Tulungagung Diduga Dari Klaster Keluarga

oleh -64 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG -Lonjakan kasus Covid 19 dan kasus meninggal dunia di Kabupaten Tulungagung didominasi oleh klaster keluarga. Hal tersebut dilihat dari kacamata Dinas Kesahatan Kabupaten Tulungagung, Kamis (22/7/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Kasil Rokhmad mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Tulungagung yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir, didominasi oleh klaster keluarga.

Menurutnya, klaster keluarga muncul dari salah satu anggota keluarga yang mobilitasnya tinggi, kemudian positif Covid-19, dan menularkan ke anggota keluarga yang lain.

“Bahkan, kebanyakan kasus meninggal dunia karena Covid-19 di Tulungagung, juga berawal dari klaster keluarga. Padahal, mereka ini tergolong minim beraktivitas diluar rumah, ” ucap Kadinkes Tulungagung, Kasil Rochmad, Kamis (22/7/2021).

Ia juga menyampaikan, saat sudah tertular Covid-19, ditambah dengan adanya penyakit penyerta, maka kondisi pasien akan langsung drop dan berujung meninggal dunia.

Dengan adanya PPKM darurat yang saat ini masih berjalan, sedianya bertujuan menekan mobilitas masyarakat. Terutama mereka yang aktivitasnya cukup banyak di luar rumah.

“Kalau mobilitas warga masyarakat sudah bisa ditekan, maka potensi seseorang terpapar Covid-19 juga bisa diminimalisir. Dengan begitu, kasus yang berasal dari klaster keluarga bisa berkurang,” tandanya. (gus/fif).