Cegah Pungli ,Tim STIK Lamdikat Polri Kunjungi Polres Kediri Lihat Penerpan ETLE

oleh -25 views

SURYA RADIO – Tim peneliti dari STIK Lemdiklat Polri terjun langsung ke Polres Kediri terkait penerapan Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Program Ini merupakan bentuk pencegahan terjadinya pungutan liar khususnya di bidang lalu lintas.

Tim dipimpin Kombes Pol Solihin melakukan kunjungan pertama ke Polres Kediri, Senin (13/9/2021). Kedatangan Kombes Pol Solihin disambut Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono S.I.K. beserta PJU Polres Kediri. Kemudian dilanjutkan pengarahan di Aula Jananuraga Polres Kediri.

Kegiatan berlangsung dua sesi, pengisian kuisioner dan penyampaian pendapat peserta yang hadir. Terkait kelebihan maupun kekurangan program ETLE serta kendalanya.

Kombes Solihin menyampaikan bahwa ETLE merupakan salah satu program unggulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Tujuannya menghindari pungli dan mengurangi tatap muka langsung dengan pengendara.

Sementara, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono S.I.K., mengungkapkan kegiatan tim peneliti STIK Lemdiklat Polri itu untuk melakukan pengumpulan data dengan cara penelitian terhadap ETLE. Fungsinya mencegah pungli demi penegakan hukum di lingkungan lalu lintas di Kabupaten Kediri.

“Penerapan ETLE merupakan suatu terobosan yang dilakukan oleh kepolisian sebagai tindak lanjut program Kapolri. Yakni mewujudkan Polri yang PRESISI, Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan,” ujar AKBP Lukman Cahyono.(tg)