Tngkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Fatayat NU Kota Kediri luncurkan KMP

oleh -72 views

 

 

SURYA RADIO – Sebagai upaya mengembangkan dan meningkatkan usaha masyarakat, khususnya para kader, PC Fatayat NU Kota Kediri membentuk Khodijah Muslimah Preneur (KMP).

Kegiatan yang diselenggarakan di lantai 2 Toko mitra mandiri Jalan Untung Suropati Kelurahan Pakelan Kecamatan Kota Kediri dihadiri oleh sejumlah perwakilan pengurus cabang, dan anak cabang PC Fatayat Kota Kediri dalam bentuk sosialisasi pembentukan Khodijah Muslimah Preneur (KMP).

Dengan peluncuran program ini, membuktikan bahwa PC Fatayat NU tidak hanya aktif sebagai organisasi keagamaan saja, melainkan organisasi strategis yang mampu menampung banyak profesi profesional

Selama kegiatan berlangsung panitia pelaksana mengelar kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, membasuh tangan dengan handsinitizer dan menjaga jarak sebagai upaya mencegah penularan Covid 19.

Ketua umum PC Fatayat NU Kota Kediri, Dewi Nafi’ah, menjelaskan, pihaknya melalui bidang ekonomi telah meluncurkan program khodijah muslimah preneur (KMP) guna membangkitkan ekonomi masyarakat dan khususnya para kader fatayat ditengah pandemi, selain menepis anggapan, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh kader Fatayat tidak hanya berorientasi tentang sisi agama saja, melainkan pembangunan ekonomi masyarakat juga bisa diperankan oleh kadernya.

Saat ini, kader fatayat Kota Kediri mencapai 697 orang terbagi di 3 wilayah Kecamatan, sehingga dalam pelaksanaan sosialisasi kali ini hanya mengundang sejumlah 50 orang perwakilan agar bisa diteruskan informasi dan peluang usaha, ke wilayah pimpinan kepengurusan masing masing.

” KMP didirikan sebagai upaya kami PC Fatayat Kota Kediri, agar perekonomian para terbentuk secara mandiri dan tersistem melalui organisasi. Sehingga kami memfasilitasi penuh teman teman yang memiliki produk usaha baik barang dan jasa agar bisa bergabung dalam wadah ini,” ucapnya.

Setelah peresmian dan pembentukan Khodijah Muslimah Preneur (KMP) sejumlah upaya peningkatan kualitas kader melalui pelatihan akan segera dilakukan, di harapkan melalui program KMP para kader Fatayat NU Kota Kediri bisa mandiri secara ekonomi dan mampu berkontribusi meningkatkan potensi-potensi disekitarnya. Harapnya. Minggu,(26/9/2021).

Anggota Bidang Ekonomi PC Fatayat NU Kota Kediri, Henny Dian Sari, menambahkan, secara keanggotaan di forum jual beli Khodijah Muslimah Preneur (KMP) yang telah diprakarsai PC Fatayat Kota Kediri, semua masyarakat bebas untuk bergabung debgan berbagai latar belakang.

Keunggulan bergabung bersama kami adalah peserta atau anggota dalam forum tersebut akan mendapatkan pelatihan, kemudian pameran produk agar bisa mendapatkan peningkatan pengetahuan tentang kewirausahaan melalui tokoh tokoh yang telah sukses sebagai motivasi dalam menjalankan usahan yang mereka geluti.

Kendala yang dihadapi oleh pengusaha pemula, muncul dari dalam diri masing-masing dikarenakan adanya faktor dari luar atau lingkungan yang tidak mendukung usaha yang telah dirintisnya, maka persoalan tersebut menjadi fokus kami kedepan dalam memberikan motivasi agar tetap percaya diri.

” Faktor kepercayaan diri dalam merintis usaha, sementara ini menjadi kendala besar berat bagi pengusaha pemula. Sehingga perlunya dorongan motifasi agar mereka tidak minder dengan usaha yang digeluti saat ini,” tuturnya.

Terakhir, salah satu pengusaha sukses di Kota Kediri,yang akrab disapa Henny menyampaikan, dengan program KMP yang digulirkan oleh PC Fatayat NU Kota Kediri bisa menjadi jembatan masyarakat dalam dunia usaha syukur Alhamdulillah memperoleh kesuksesan seperti yang didambakan. Pungkasnya.(wg)