Kunjungi Tulungagung Kementrian Kelautan dan Perikanan Berencana Akan Bangun Dermaga

oleh -20 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia berencana akan membangun program cool storage, pabrik es dan dermaga pelabuhan di Pantai Sine Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir,Tulungagung.

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia saat berkunjung ke Tulungagung bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ir Wahyu Sakti Trenggono, Selasa (19/10/2021) mengatakan, pembangunan dermaga ini bertujuan untuk memberikan akses kepada nelayan. Selain itu, program ini juga hasil dari penerapan kebijakan terhadap pengelolaan ikan.

Menurut Wahyu, ini merupakan program awal di tahun 2021 wilayah pesisir selatan.Alasan pembangunan dermaga di pantai sine karena fasilitas dermaga tidak ada. Pasalnya, jika ada kapal habis melaut dan untuk menurunkan hasil tangkapannya belum ada tempatnya.

“Selain itu, fasilitas lain seperti cool storage tidak ada, ini akan kami bangun, sehingga potensi hasil perikanan bisa memenuhi target,”terangnya.

Ia juga menyampaikan, selain pembangunan dermaga perikanan di Tulungagung, akan dibangun di wilayah pesisir selatan, seperti kampung kampung nelayan mulai dari Aceh sampai dengan Kupang.

“Selain itu pembangunan ini juga dibangun di jalur selatan sesuai zona zona yang ditentukan,” ucapnya.

Pembangunan ini nantinya akan dibiayai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Ditargetkan pembangunan dermaga ini nanti akan dilihat sampai tahun akhir 2022, apabila sudah selesai bisa langsung digunakan.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ema Rini mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas pembangunan dermaga perikanan. Dimana kapal kapal disana tidak bisa merapat ke penampungan.

“Disana, kapal tersebut masih banyak, sehingga tidak bisa merapat. Jadi, ditampung di pantai Popoh dulu atau pindah ke kapal lebih kecil sehingga cepat dijual hasil tangkapanya,” tandanya. (gus/fif).