Baliho Gambar Capres 2024 Hampir 90 % di Kota Kediri Tak Kantongi Ijin

oleh -26 views

 

SURYA RADIO – Menjelang Pilpres 2024, hampir sepanjang jalan protokol Kota Kediri banyak ditemui baliho berukuran besar terpampang wajah bakal calon Presiden. Ironisnya dari sekian banyak baliho yang terpasang tersebut, hampir 90 persen tidak mengantongi ijin.

” Hampir semuanya tidak ada. Informasi ini saya dapat langsung dari Perizinan, ” Ujar Eko Lukmono Kepala Satpol PP Kota Kediri Jumat 22 Juli 2022.

Padahal sesuai ketentuan yang ada, semestinya harus ada ijin terlebih dahulu sebelum baliho dipasang.

” Ini kan juga ada hubunganya dengan peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Sesuai tupoksi kami, maka Kota lakukan penertiban, ” pungkas mantan kepala kantor Kecamatan Pesantren ini.

Diakuinya selama penertiban berlangsung, masih ada beberapa baliho yang masih terlihat terpasang dipinggir jalan. Ini dikarenakan satpol PP harus membagi tugas untuk pekerjaan lainya.

” Untuk beberapa reklame yang bisa kita tangani secara esidentil hari itu juga kita tertibkan. Tetapi untuk baliho yang membutuhkan tenaga ekstra kita harus menyiapkan armada lebih dulu untuk mengangkat.Kita akan lakukan secara serentak tidak esidentil, ” kata Eko Lukmono.

Penertiban reklame berpedoman pada Peraturan Daerah nomer 9 tahun 2021 .” Prinsip apa pun namanya, reklame wajib untuk berikan. Dan hari ini Satpol PP bersama dengan Dinas Perizinan kita sudah bertukar informasi data. Jadi kita diberi akses melalui aplikasi secara realtime mana reklame yang berijin atau tidak. Saat itu juga kita langsung melakukan pemataun. Seandainya tidak ada penanggung jawabnya hari itu juga kita lakukan penertiban, ” Sambungnya.(wg/jn)