Belum 1 Tahun, Daops 7 Madiun Mencatat Insiden Laka KA 35 Kasus

oleh -17 views

 

SURYA RADIO – PT KAI Daoups 7 Madiun mencatat dari awal tahun hingga bulan September 2022 telah terjadi kasus kecelakaan kereta api pada sebidang perlintasan sebanyak 35 kali

Data ini termasuk peristiwa kecelakaan yang terjadi pada Jumat 23 Septemeber 2022 pukul 00.40 wib diperlintasan kereta api jalan Umum Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

kecelakaan melibatkan kendaraan Daihatsu Sigra nopol W 1239 SR dengan kereta api Kartanegara jurusan Relasi Pasar Senin – Malang.

kronologis berawal sebelum terjadi kecelakaan, masinis kereta api Kartanegara melihat ada kendaraan yang akan melintas di perlintasan kereta api.

Ketika itu masinis sudah memberikan isyarat bel lokomotif . Namun pengendara tidak menghiraukan dan tetap melaju sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas .

Selanjutnya masinis menyampaikan informasi insiden tersebut kepada pusat pengendali kereta api serta petugas keamanan stasiun Kediri.

Dalam insiden tersebut, satu orang penumpang didalam mobil meninggal dunia atas nama Ahmad Buny Andaru 31 tahun, berprofesi sebagai guru asal Dusun Paras Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih.

Sementara pengemudi mobil Ahmad Alwi Tohir 31 tahun warga Kecamatan Pesantren Kota Kediri masih hidup

” Tahun 2022 sampai tadi pagi, sudah terjadi laka di perlintasan sebidang sebanyak 35 kali. Kalau pada tahun 2021 lalu ada 46 Insiden kecelakaan, ” jelasnya

Seperti diketahui PT KAI Daops 7 Madiun mencakup wilayah kerja Nganjuk, Kediri , Jombang Tulanganggung dan Blitar.

Terdapat 259 perlintasan kereta api, dengan rincian 88 perlintasan terjaga serta 127 perlintasan tidak terjaga, serta 44 tidak sebidang yang berupa Fly Over dan Underpas .

PT KAI menghimbau masyrakat pengguna jalan yang diperlintasan sebidang KA untuk selalu berhati hati sesuai UU nomer 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 114 . Dimana pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dulu melintas rel.(wg/jn)