Belasan Tahanan Lapas Kediri , Dibekali Ilmu Pertanian dan Peternakan

oleh -9 views

 

SURYA RADIO – 16 tahanan penghuni Lepas Kelas 2A Kediri menjalani pelatihan bercocok tanam dan peternakan.

Kegiatan yang sudah berlangsung di tahun ini, difokuskan dilokasi LAKULI SAE (Lapas Kulon Kali Sarana Esmilasi dan Edukasi) beralamat di Jalan Selomangleng Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Dilahan seluas 6000 meter persegi, mereka berkarya menghabiskan waktu dari pagi hingga sore hari.

” Ini bagian dari kegiatan lembaga permasyarakatan. Kita punya tanah seluas 6000 meter persegi. Tanah kita yang di Kota hanya cukup untuk kantor dan warga binaan. Untuk keterampilan geraknya kurang , akhirnya kami mengalihkan kegiatan warga binaan ke sini,” terang Kalapas Kelas 2A Kediri Asih Widodo, Senin 27 September 2022.

Ditambahkan Asih Widodo kegiatan pelatihan sudah berlangsung lama. Ia menilai program tersebut bisa dikatakan cukup berhasil.

” Kita gandeng pihak ketiga untuk mendidik warga binaan, supaya mereka lebih profesional dalam bekerja. Kebetulan hari ini kita panen untuk buah melon, dan semangka. Padahal cuaca hari ini sangat panas , kalau malam dinginya bukan main. Bisa dikatakan panenya sangat berhasil. Ini semangkanya besar berat 7 kilogram,” ujarnya.

Selama menjalani pelatihan , belasan warga binaan terlihat begitu antusias dan bersemangat.Mereka ini pada umumnya sudah lama menjalani masa hukuman dan akan menghirup udara bebas.

” Bermacam macam ada yang kasus pembunuhan , perlindungan anak dan lainya ,” terangnya.

Hasil panen untuk buah serta ternak ikan lele , dijual ke pihak ketiga . Sementara untuk jenis sayuran dimanfaatkan untuk dikonsumsi guna pemenuhan kebutuhan gizi para penghuni lapas.

Diakui Asih Widodo, awalnya para warga binaan ini tidak begitu paham sama sekali mengenai ilmu pertanian atau peternakan. Tetapi karena pendekatan dan kesabaran, akhirnya mereka mulai bisa.

” Kesabaran kuncinya , kan tidak bisa instan. Dari mulai disana (Lapas) kita sudah melakukan pendekatan . Kita mengakui memang bukan ahli dibidangnya, maka kita gandeng pihak ketiga. Dia harus sabar , jika semuanya bisa ditangani dengan kesabaran mereka pasti bisa. Kalau urung iringan gak bakalan bisa ,” Ungkapnya .

Selain menggandeng pihak ketiga, Lembaga Permasyarakatan Kelas 2A Kediri selama ini juga berkordinasi dengan Bapas Kediri .

” Selain lahan untuk bercocok tanam dan beternak , disini juga kita buka kolam pemancingan yang diperuntukkan bagi masyrakat umum. Kalau sampeyan mau mancing disini Monggo” Jelasnya.(wg/jn)