Over Kapasitas, Lapas Kediri Tingkatkan Pengamanan Pasang 40 CCTV

oleh -18 views

 

SURYA RADIO – Ruang tahanan Lapas Kelas 2A Kediri mengalami over kapasitas. Dikatakan Kepala Lembaga Permasyarakatan Asih Widodo, jumlah penghuni sel tahanan sekarang mencapai 800 orang. Padahal seharusnya sesuai kapasitas daya tampung hanya 350 orang tahanan.

” Sekarang 886 orang, kapasitas seharusnya 350 orang, ” jelasnya Kamis 29 September 2022.

Sebagai salah satu upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lembaga Permasyarakatan. Pihak Lapas telah memasang 40 lebih kamera CCTV.Puluhan kamera CCTV itu ditempatkan di dalam mau pun diluar gedung lembaga Permasyarakatan.

” Lapas itu kan rentan dengan warga binaan dan narkoba. Banyak keinginan untuk melakukan itu pasti ada. Yang jelas kita terus kontrol mereka,melalui pendekatan. Kamera CCTV sekarang kita pasang 40 lebih baik di dalam mau pun diluar ,” jelasnya.

Dengan adanya puluhan kamera CCTV yang sudah terpasang, kasus pelemparan barang narkoba dari luar sekarang sudah tidak terjadi lagi,

Seperti diketahui beberapa waktu lalu Lapas sempat diteror aksi pelemparan barang narkoba dari luar. Sebelumnya kejadian ini acap kali terjadi, dan hingga sampai sekarang pelaku pelemparan tersebut, belum berhasil ditangkap .

” Setidaknya sekarang sudah menurun kok, lemparan lemparan narkoba dari luar hampir 6 bulan sudah tidak ada,” Ungkapnya .

Disamping itu, pasca penurunan level PPKM Lapas kelas 2A Kediri juga sudah membuka akses masuk bagi siapa pun keluarga tahanan yang ingin menjenguk kerabatnya di dalam.

” Setidaknya bisa menurunkan emosi para penghuni tahanan melalui pendekatan psikologis,” katanya .(wg/jn)