Sebuah pameran tentang Aspa Stasinopoulou dan seninya yang sulit diatur

Seniman dan kepribadian menonjol musim ini, karya dan ide menguraikan adegan seni kontemporer yang semarak di Athena dan diselenggarakan di Megaro Isaia.

Pameran ini diselenggarakan sebagai bagian dari “Kembali ke Athena 2024”. “Aspa Stassinopoulos: Carabinieri”dalam pengawasan Christopher Marino.

“Saya bertemu Aspa di rumah Rena Papaspiro. Dia adalah wanita mengesankan yang diabaikan: tinggi, langsing, dengan rambut pendek, dia tampak seperti burung. Dia memiliki pikiran yang tajam, selera humor dan tawa yang tak terlupakan. Saya senang untuk melihatnya dalam retrospeksi pada tahun 2010. Museum Piraeus BenakiDiedit olehnya Maria Marakov. Itu adalah sebuah ekspresi. Khususnya karya-karya tahun 1970-an, menurut saya hanya sedikit seniman Yunani yang mampu menangkap semangat atau iklim pada masa itu. Saya sengaja mengatakan “era”, bukan “pascakolonial”, karena Aspa memiliki karya penting sebelum tahun 1974, seperti pameran seni pos bertajuk “Art is You”.

»Pada tahun 2013 kami berkolaborasi pada Biennale Athena keempat “Agora” dan setelah proposal saya, kami mempresentasikan karyanya di Bursa Efek Lama di Sophocles. Setelah Biennale, bersama penulis Konstantinos Hadzinikolau Kami mengunjunginya di rumahnya dan menonton beberapa film Super 8 miliknya bersama-sama pada tahun 70an. Itu adalah momen yang emosional bagi kami dan dia karena dia telah melihat gambar-gambar tertentu sejak saat itu. “Faktanya, dalam upaya menangkap potret wanita penting ini, Konstantinos menulis teks puisi tentang dirinya dan memfilmkan sosok, tatapan, dan tangannya,” kata kurator pameran.

Aspa adalah seorang lesbian dan feminis yang mencintai wanita, meskipun beberapa pria memiliki tempat khusus dalam hidup dan hatinya, seperti ahli bahasa Tasos Christidis dan Yiannis Tsarouhis, yang merupakan temannya dan mengawali pameran pertamanya pada tahun 1966. “Moralitasnya yang gila”.

“Aspa adalah seorang fanatik, dia tidak berbasa-basi, sering menghujat – Saya tidak sengaja memasukkannya ke dalam pameran “Repetiko”. Saya bertanya kepadanya seniman pria Yunani mana di generasinya yang dia kagumi, dan dia menjawab: ” TIDAK. Mereka membosankan”.

Aspa adalah seorang lesbian dan feminis yang mencintai wanita, namun hanya sedikit pria yang memiliki tempat spesial dalam hidup dan hatinya seperti seorang ahli bahasa. Thassos Christides Dan Yanis Saroohis, yang merupakan temannya dan mengawali pameran pertamanya pada tahun 1966, mencatat “disiplin gila” nya. Di saat yang sama, Aspa sangat mengaguminya Marcel Duchamp, terdengar oksimoronik. Itu adalah gadis yang sama yang berpose dengan anggun hari itu “Empat musim”Difoto telanjang oleh Maria Tara Berjalan naik turun tangga kayu tua memberi penghormatan kepada karya Duchamp yang terkenal.

READ  Athanasiou: "Maximovic adalah tambahan yang hebat - 9 pemain internasional menunjukkan peningkatan dalam daftar pemainnya" - Sepak Bola - Liga Super Stoiximan

Aspa Stassinopoulou adalah salah satu seniman yang mengubah cara berekspresinya untuk menyikapi realitas sosial dan politik baru di tahun 70-an. Dipengaruhi oleh Mei 68, karyanya mengandung unsur dasar seni politik: perlawanan, perlawanan, pertanyaan, anti moralitas, gangguan dan pesan balasan, kebencian terhadap kapitalisme. Pada tahun 1972, ketika tinggal di London, ia meninggalkan lukisan dan menciptakan lingkungan dengan foto, suara, dan film yang diperbesar. Penerbit berpengaruh dan teman dekatnya Nikos Stakos Itu membuatnya terhubung dengan tulisannya John Berger, yang sangat mempengaruhinya dan dia memasukkannya ke dalam karyanya. Terutama “Cara Melihat” (“The Image and the Look”, 1972) menjadi acuannya. Pengaruh visi Berger terlihat jelas dalam pameran tunggalnya “Film yang Wajib Ditonton” Dia melakukan Sekolah Arsitektur Bartlett Pada bulan September 1972.

Aspa akan melaporkan pameran London Dalam wawancara televisinya Oleh Patrick Spiliatis Pada tahun 1984: “Saya membuat pameran ‘ruang’, jika Anda suka, saya menggunakan banyak foto dan film yang saya ambil yang merupakan bagian dari ruang dengan suara. Foto-foto ini dikumpulkan dari majalah, surat kabar, berita harian, dan beberapa milik saya sendiri, yang saya cetak pada bahan transparan, mulai dari langit-langit hingga ke lantai. (Tirai transparan) mencapai tirai besar dan foto sisipan di dalamnya memungkinkan orang untuk melihatnya dari kedua sisi. Proyek (“Living Museum”, pemutaran pertama: 1 Januari 1984, ERT2, sutradara: Anna Kesisoglo).

Aspa Stasinopoulou, “Tanpa Judul”, 1985, media campuran, foto oleh Maria Tara

Pada tahun 1974, dengan pascakolonialisme, dia kembali ke Athena secara permanen. Dia mulai mengumpulkan benda-benda sehari-hari (kursi, meja, pintu, jendela, kotak kayu) dari jalan-jalan kota, dan mencetak foto serta dokumen dari majalah dan surat kabar. “Jadi, di satu sisi, saya mencoba menumbangkan makna objek-objek di sekitarnya, meremehkan makna dokumen fotografi yang dikutip media massa, dengan makna sebenarnya. Kami menggunakannya setiap hari, dan di luar penggunaannya yang biasa dan terbatas, mereka juga dapat bertindak sebagai sarana untuk mengekspresikan realitas lain,” tulisnya dalam katalog pameran kelompok. “Eco-Active: Tren Seni Yunani Saat Ini”Panitia penyelenggara Asosiasi Hakim Teknis Yunani Di dalam Zappeio Pada tahun 1981.

READ  Situasi Apple Vision Pro di luar kendali: Pengemudi dihentikan oleh polisi karena memakainya saat mengemudi (vid)

Aspa Stassinopoulou, “Seni adalah Anda”, 1972, Mail Art, London.

Pada saat yang sama, ia memasukkan kutipan dari teksnya ke dalam karyanya Peter Schneider (“Capitalism and the Cultural Revolution in Late Imagination”, 1969) tetapi buku tentang keterasingan, kemiskinan dan degradasi manusia (“Allotriosion”, ed. Epikouros, 1973). Ia juga merekam peristiwa kamera filmnya yang memiliki makna simbolis seperti ulang tahun pertamanya Politeknik, Kedatangannya Miki Theodorakis Pemakaman Alegos Panagolis dari Paris ke Bandara Elenicos di Yunani. Pada tahun 1977, bersama dengan Anna Gezizoglou, mereka membuat film dokumenter pendek “Hunger Strike”, yang mendokumentasikan empat puluh hari mogok makan penyair Michalis Anastasiadis (1939-2012) di luar Kantor Akuntansi Umum Negara. Terakhir, partisipasinya dalam Visual Arts Center (KET) dan kelompok seni “4+” (dia sendiri keluar pada tahun 1985) mengungkap seorang seniman yang mengusulkan cara berbeda dalam menggunakan, mengedarkan, dan mengonsumsi gambar. , pendidikan dan olahraga.

Mikis Theodorakis kembali ke Yunani setelah jatuhnya rezim militer pada tahun 1974

“Saya menjadi tuan rumah pameran tahun ini “Kembali ke Athena” Saya menyajikan foto-foto pementasan yang pasti diambil pada akhir tahun 70-an. Seperti dalam kasus lainnya, di sini pun Aspa berkolaborasi dengan fotografer dan rekannya, Maria Tara (1946-2000). Beberapa film ini menampilkan pria bersenjata sebagai protagonisnya Panagiotis, telanjang dan berpakaian, terkadang dengan wanita telanjang yang tidak kita lihat (mungkin artisnya sendiri), diperbesar dan dilukis, salah satu dari dua foto pria berbaring yang dicetak di atas meja dengan teknik emulsi. . Meskipun dijadikan sebagai bahan persiapan untuk karya-karya yang akan dipamerkannya pada tahun 1980-an dan 1990-an, foto-foto ini tetap memiliki otonominya.

Aspa Stassinopoulos, “Panagiodis”. Foto oleh Maria Tara

Aspa Stasinopoulou, “Panagiotis II”. Foto oleh Maria Tara

“Judul Pameran,”Carabinieridisebutkan dalam filmnya Jean-Luc Godard, dipelajari oleh seniman dan merupakan salah satu referensi utamanya. Foto-foto terlampir pada jadwal pameran “Seni dalam Revolusi: Seni dan Desain Soviet sejak 1917.”Aspa mendapat kesempatan untuk memeriksanya Galeri Hayward London pada tahun 1971″, kata Christoforos Marinos. “Perempuan memberontak! Seni dan Aktivisme di Inggris 1970-90” (dibuka di Tate Britain pada musim gugur 2023 dan sekarang dipamerkan di Edinburgh) dan Aspa, menurut saya, akan menjadi salah satu artis unggulan jika dia tidak kembali ke Athena – dan tetap tinggal dalam ketidakjelasan di Inggris Raya pada tahun 1970an dan 1980an Michelle Ann MullenSeorang anggota tim Hackney Flasher (1974-1980), yang mengikuti pameran, adalah teman dekat Aspa dan mendedikasikan sebuah buku untuknya, di mana ia menggabungkan teks dan foto. Buku Ann Mullen diakhiri dengan sebuah alegori (“Iman sedang berjuang”) dan dibuka dengan dedikasi yang mengharukan: “Untuk Aspa / yang menabur harapan”.

READ  Altar Olimpiade - Olimpiade 2024 akan dijadikan permanen di Paris

Aspa Stasinopoulou, “Tanpa Judul”, 1987, media campuran, 220 x 170 cm.

Aspa Stasinopoulou, “Fire in the water”, 1992, patung lilin, mekanisme berputar, Taman Eleftheria, Athena.

Aspa Stassinopoulou di depan lukisan “Panagiotis”, 1982. Foto oleh Maria Tara

Aspasia Stassinopoulou lahir di Athena pada tahun 1935 dan meninggal di kota yang sama pada tahun 2017. Ia belajar melukis di School of Fine Arts di Paris (1959-1963). Dia membuat pameran untuk pertama kalinya pada tahun 1963 di “Zigos”, di mana dia memaparkan tokoh-tokoh yang menghancurkan. Kemudian dia kembali ke abstraksi. Dia berpartisipasi dalam Pameran Panhellenic tahun 1965 dan 1967. Pada tahun 1966 ia mengadakan pameran tunggal pertamanya di galeri “Aster”. Dari tahun 1969 hingga 1974 dia tinggal di London.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *