Di Madrid untuk telur, di Roma untuk keju, di Amsterdam untuk susu, di Belgia… untuk upah.

Melalui tindakan yang sia-sia dan intervensi yang terlambat, pemerintah gagal menjinakkan “monster” ketepatan waktu. Dalam lingkungan yang lebih kompleks, reaksi warga menunjukkan ketidakpercayaan dan kekhawatiran. Masuk saja ke pasar rakyat dengan rasa kecewa terpampang di wajah konsumen dan pedagang.

Inflasi bulan Desember naik menjadi 3,5%

Tabel ELSTAT terbaru menyajikan perubahan harga besar pada 45 produk dan layanan antara Desember 2023 dan 2022. Hal ini sepenuhnya memperlihatkan kepada pemerintah bahwa biaya pangan telah meningkat secara dramatis dan secara keseluruhan sebesar 25% (15,5%) dalam dua tahun terakhir. 8,9% pada tahun 2022 dan 2023). Sementara itu, inflasi naik menjadi 3,5% di bulan Desember dari 3% di bulan November.

Keluarga mengeluarkan kalkulator untuk menghitung pengeluaran.

Susu, keju, dan dua belas butir telur

Langkah-langkah baru yang diumumkan oleh pemerintah terutama bertujuan untuk membatasi margin laba kotor susu bayi.

Ketika harga pangan meningkat dan upah stagnan, harga komoditas pokok menjadi lebih buruk dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Misalnya menurut Situs Online Numbeo, satu liter susu berharga 1,18 euro di Amsterdam, Belanda, dan 1,63 euro di Athena. Orang Athena membayar lebih mahal untuk selusin telur dibandingkan orang Madrid, sementara satu kilo keju harganya 3% lebih mahal dari permintaan orang Rumania.

Susu di Athena lebih mahal dibandingkan di negara Eropa lainnya

Produk segar seperti apel, jeruk, tomat, kentang, bawang bombay, mentimun lebih murah di Athena dibandingkan di ibu kota Eropa lainnya.

Gaji tahunan rata-rata di Yunani adalah 23.700 euro dan di Belgia adalah 59.154 euro.

Meskipun pujian belum berakhir, upah di Yunani masih terjebak dengan perbandingan yang tidak menyenangkan. Menurut OECD, gaji tahunan rata-rata di Yunani adalah 23.700 euro, di Italia sebesar 40.950 euro, di Spanyol sebesar 39.095 euro, di Belgia sebesar 59.154 euro, dan di Prancis sebesar 48.131 euro.

READ  Bintang Prancis itu meledak di Real Madrid

“Harga seperti itu tidak dibenarkan”

Dalam sistem ini, di mana pasar tersegmentasi dan konsumen “dibius”, Presiden EKPOIZO Panagiota Kalapotharakou (MEGA) berbicara tentang masalah akurasi dan profitabilitas.

“Masalah terbesar yang dihadapi masyarakat Yunani saat ini adalah akurasi. Ini adalah langkah ketiga yang diambil untuk mencegat keakuratan kementerian. Kami ragu dengan paket baru jika tidak diterapkan secara spesifik. Yang penting adalah menerapkannya dan melihat penurunan harga. Namun penurunannya harus drastis,” ujarnya awal.

“Tidak adil jika harga seperti itu dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Ini hanya bisa diatasi dengan pembatasan. Pembatasan dibandingkan dengan negara-negara Eropa. Daya beli konsumen lebih rendah dibandingkan konsumen Eropa. Yang kami lihat adalah kemiskinan masyarakat Yunani yang terus berlanjut. ,” dia menambahkan.

Serangkaian aktivitas baru

Kami mengingatkan Anda bahwa di antara serangkaian tindakan baru yang diumumkan oleh Perdana Menteri dan disebutkan oleh Menteri Pembangunan Kostas Skrekas, batas atas margin keuntungan untuk susu bayi dan pengurangan rabat pemasok dan kredit untuk supermarket sebesar 30% adalah hal yang paling menonjol. , dengan ekspektasi penurunan harga rak yang sesuai.

Secara rinci, fase operasi baru menyediakan:

1. Mengurangi manfaat bagi supermarket. Total diskon pemasok berkurang sebesar 30%, yang juga diikuti dengan penurunan harga produk-produk ini di rak. Menurut Otoritas Kompetisi, tindakan tersebut akan diterapkan pada kategori di mana ditemukan penyimpangan. Produk-produk tersebut antara lain: deterjen, pembersih rumah tangga, pasta gigi, shower gel/sampo dan popok bayi. [Εφαρμογή: Μάρτιος]

2. Pencegahan markup yang tidak wajar. Penjual yang menaikkan harga barang tidak diperbolehkan melakukan promosi barang dengan harga yang dinaikkan selama tiga bulan. Langkah ini berlaku untuk semua produk yang dijual di supermarket. [Τέθηκε σε ισχύ]

Intervensi pemerintah untuk menurunkan harga

3. Harga “murni” dari ladang ke rak. Pemasok wajib menjual produknya secara eceran dengan harga “bersih” (net pricing). Kredit faktur hingga 3% dari produk atau hasil pengiriman diperbolehkan. Kegiatan ini meliputi buah-buahan segar, sayuran, dan daging. [Εφαρμογή: Μάρτιος]

READ  Pensiunan retroaktif: Putusan Mahkamah Agung masih menunggu keputusan

4. Batasan margin keuntungan kotor untuk susu formula. Harga jual susu bayi dibatasi pada margin laba kotor perusahaan yang mengimpor, memproduksi dan mendistribusikan susu bayi di Yunani. Plafon tersebut didefinisikan sebagai penjumlahan biaya operasional perusahaan untuk kategori produk tertentu dan 7% dari keuntungan usaha. [Εφαρμογή: Μάρτιος]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *