Ibu negara dan tas Dior telah menyebabkan krisis politik di Korea Selatan

Diedit oleh: Gianna Myrad

Presiden menghadapi kelesuan perekonomian, tragedi yang menewaskan 153 orang saat perayaan Halloween di Seoul, dan ancaman nuklir dari negara-negara tetangganya. Kemudian muncul skandal pribadi: rekaman kamera mata-mata menunjukkan istrinya menerima tas Dior seharga $2.200 sebagai hadiah.

Hal ini dengan cepat berubah menjadi krisis politik besar bagi Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang, meskipun lebih mendekatkan negaranya dengan Amerika Serikat dan Jepang dan menonjolkan kebijakan luar negerinya, namun juga terlibat dalam kontroversi di dalam negeri. Banyak dari mereka termasuk Ibu Negara Kim Kyon-hee.

Video Kim, yang muncul akhir tahun lalu, menyebabkan keretakan antara Yun dan salah satu pejabat paling tepercayanya. Hal ini mengguncang partai politiknya – dan seorang pejabat senior meminta Kim meminta maaf. Dan jajak pendapat menunjukkan bahwa hal ini telah menjadi isu besar menjelang pemilihan parlemen yang penting dalam iklim politik yang semakin terpolarisasi.

Selama hampir dua tahun, Ibu Kim mempertanyakan pandangan masyarakat yang sangat patriarkal terhadap peran istri presiden. Tidak seperti ibu negara sebelumnya, yang biasanya berada di bawah bayang-bayang suaminya, dia menikmati sorotan media, dan Mr. Yunin secara terbuka mendorong pemerintah. Dia berbicara tentang pengabdian Tuan Yoon, mengatakan Yoon bersumpah akan memasak untuknya pada tahun 2022.Janji tersebut telah ditepati selama dekade terakhir».

Tapi Ny. Kim sering menimbulkan kontroversi, terkadang menyoroti pengaruhnya yang tidak semestinya terhadap pemerintah seperti yang dikatakan para kritikus.

Pada tahun 2021, mantan pengacara Mr. Ketika Yun berkampanye untuk menjadi presiden, dia meminta maaf karena telah membesar-besarkan resumenya untuk mempromosikan bisnis pameran seninya. Percakapan dengan seorang reporter kemudian dirilis, yang diam-diam merekam apa yang menurut Ny. Kim sangat terlibat dalam kampanye suaminya. Dia memanggil Tuan Yun”Bodoh“Di mana”Dia tidak bisa melakukan apa pun tanpaku».

READ  Pernikahan Pangeran 10 Hari di Brunei - Resepsi Gemerlap, Kue Besar, dan Gaun Pengantin Bordir Lengkap [εικόνες]

Ms Kim juga menghadapi tuduhan bahwa dia terlibat dalam skema untuk memanipulasi harga saham sebelum terpilihnya Yun. Pada bulan Desember, DPR yang dikuasai oposisi meloloskan rancangan undang-undang yang menunjuk jaksa khusus untuk menyelidiki tuduhan tersebut. Tn. Yun, 63, dan Ny. Kim, 51 tahun, membantah tuduhan tersebut dan memveto RUU tersebut.

Tuan Yun berkata, “Kenangan indah tentang diaPernikahannya dengan Ibu Kim pada tahun 2012, ia tak bisa melupakan adegan skandal Dior.

Video tersebut diambil pada bulan September 2022 oleh pendeta Korea-Amerika Choi Jae-jung dengan kamera tersembunyi di dalam jam tangan. Episode ini dipublikasikan lebih dari setahun yang lalu oleh saluran YouTube sayap kiri “Voice of Seoul”, saluran yang sama yang mempublikasikan percakapan Nona Kim dengan seorang jurnalis.

Video tersebut menunjukkan Choi bertemu dan memberikan hadiah kepada Kim di kantor pribadinya di luar kompleks kepresidenan.

«Mengapa Anda terus mengungkit hal ini?Ms Kim terdengar berkata. “Tolong kamu tidak perlu melakukan ini».

Mr Choi mendukung hubungan persahabatan antara Korea Utara dan Selatan, sementara Mr Yun mengambil sikap yang lebih agresif terhadap Korea Utara. Pak Yun mengatakan dia bertemu dengan Bu Kim ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden, dan Pak Yun mengatakannya pada Mei 2022. Ia juga mengatakan, Yun telah mendapat undangan acara pelantikan. Sebulan kemudian dia mengunjungi kantor Ms. Kim dan mengatakan dia menghadiahkannya kotak kosmetik Chanel sebagai ucapan terima kasih. Senilai $1.300.

Dalam pertemuan itu, Pak. kata Choi. Dia bilang dia sudah mengambil keputusan saat itu.membuka». Seorang reporter “Voice of Seoul” memberinya kamera mata-mata dan tas Dior kulit anak sapi berwarna biru, dan Tn. Choi mengirimkan foto tas Dior kepada Nona Kim untuk pertemuan lainnya.

READ  Olympiacos-Asteras Tripoli: Pratinjau Pertandingan - Sepak Bola - Liga Super Stoiximan - Asteras Tripoli

Tn. Choi, meskipun banyak permintaan untuk bertemu ibu negara, hanya diberikan kunjungan dua kali, ketika dia memberi tahu dia sebelumnya bahwa dia membawa hadiah mahal. Pejabat pemerintah dan pasangannya dilarang menerima hadiah senilai lebih dari $750.

«Hadiahnya adalah tiket bertemu dengannyakata Tuan Choi.

Dalam video tersebut, Ibu Kim juga mengungkapkan keinginannya.Saya secara aktif terlibat dalam hubungan Korea Selatan”, menimbulkan kekhawatiran bahwa dia melampaui perannya.

Ketika skandal itu semakin mendalam, Kim menghindari penampilan publik selama satu setengah bulan. Tn. Ketika di kantor Yun, Presiden dan Ny. Kim ditanya apakah mereka punya komentar mengenai masalah ini, mereka menjawab tidak.Tidak ada yang perlu dibagikan».

Ms Kim belum berkomentar secara terbuka tentang berbagai tuduhan terhadapnya sejak permintaan maafnya pada tahun 2021.Dia akan mematuhi peran seorang istri“Jika Tuan Yun terpilih. Namun dalam wawancara yang jarang dilakukan dengan Artnet News tahun lalu, dia mengisyaratkan adanya perubahan, “”Vendor budaya K” dan Tuan. Untuk mendukung Yun dan pemerintahannya “Diplomasi budaya».

Tn. Dalam percakapan yang direkam oleh Choi dan “Voice of Seoul,” dia membantah tuduhan palsu tersebut, dan menyebutnya sebagai kampanye kotor politik.

Tn. Beberapa pejabat dari Partai Kekuatan Rakyat Yun menuduh Choi mendirikan “perangkap” Kepada Nyonya Kim, dia merilis video tersebut untuk mempengaruhi pemilu bulan April. Mereka juga mengatakan bahwa Ny. Kim tidak menggunakan tas yang disimpan di ruang penyimpanan presiden.

Mayoritas warga Korea Selatan, dalam survei, mengatakan menerima Kim Bye adalah hal yang tidak pantas dan bahwa Yun memerlukan penyelidikan dan penjelasan.

Tn. Beberapa orang di partai Yun menuntut permintaan maaf dari Kim, sementara pihak oposisi menuduh Kim mencuri pengaruh.Menangani urusan pemerintahan». Tn. Yun disalahkan oleh sekutunya di media.

READ  Agia Varvara: Korban mengajukan tuntutan asuransi terhadap mertuanya

Penanganan skandal ini menunjukkan seberapa besar pengaruh Kim di kantor Yun, kata para analis politik. Makanya warga Korea Selatan bercanda, “Ada dua VIP di kantor Yoon dan VIP nomor 1 adalah Kim Kyeong Hee».

Dengan informasi dari New York Times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *