Peringatan di Indonesia: Letusan Armageddon di gunung berapi Ibu – 60 orang tewas

Ia memuntahkan abu sejauh 4 kilometer ke udara

Berdasarkan informasi dan foto yang dirilis Dinas Vulkanologi Indonesia, Gunung Ibu meletus pada Sabtu larut malam, memuntahkan abu setinggi 4 kilometer ke udara. Abdul Muhari dari Badan Penanggulangan Bencana Indonesia mengatakan tim gabungan polisi, militer dan petugas pencarian dan penyelamatan dikirim ke daerah tersebut untuk mengevakuasi penduduk desa terdekat.

Foto-foto yang dirilis oleh badan tersebut menunjukkan anggota kelompok tersebut membantu para lansia dan mengangkut warga dengan truk ke daerah lain untuk tinggal di tenda darurat. Pihak perusahaan tidak memberikan informasi tambahan mengenai jumlah pengungsi. Namun, para pejabat telah merekomendasikan evakuasi semua orang dalam radius 7 kilometer dari gunung berapi.

Badan Penelitian Vulkanologi Indonesia menaikkan tingkat kewaspadaan terhadap risiko letusan gunung berapi mulai hari Kamis, menyusul beberapa letusan di Ibu awal bulan ini. Meningkatnya aktivitas Ibu menyusul serangkaian letusan di berbagai gunung berapi di Indonesia, yang terletak di “Cincin Api” Samudera Pasifik dan memiliki 127 gunung berapi aktif.

Lebih dari 60 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor di daerah sekitarnya pada tanggal 11 Mei setelah hujan dari gunung berapi Marabi yang sangat aktif di provinsi Sumatera Barat. Dalam beberapa minggu terakhir, gunung berapi Ruang di Sulawesi Utara juga meletus, memuntahkan lahar panas dan memaksa pihak berwenang mengevakuasi lebih dari 12.000 orang ke pulau terdekat.

Seorang anggota badan penanggulangan bencana mengatakan polisi, tentara dan tim pencarian dan penyelamatan telah dikerahkan untuk mengevakuasi penduduk desa-desa dekat gunung berapi.

Para pejabat telah merekomendasikan evakuasi orang-orang dalam radius tujuh kilometer di sekitar gunung berapi. Menurut statistik resmi, pada tahun 2022 lebih dari 700.000 orang tinggal di Pulau Halmasera. Karena Ibu telah meletus beberapa kali bulan ini, dinas gunung berapi menaikkan tingkat peringatan gunung berapi ke tingkat tertinggi pada hari Kamis.

READ  Kate Middleton: Palace menyajikan foto resmi pertamanya sejak operasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *