Dengan harga 2 euro per liter, bensin itu “menyenangkan”.

Api baru Pada minyak tetapi juga pada bahan bakar, terjadi peningkatan tegangan laut Merah Setelah Houthi menyerang kapal tanker minyak milik multinasional Trafigura yang membawa nafta Rusia. Analis internasional menyebutnya sebagai serangan paling signifikan yang pernah dilakukan terhadap kapal tanker minyak oleh pemberontak yang didukung Iran.

“Tidak diragukan lagi, kita sudah melihat dampak ketegangan di Laut Merah dan risiko kenaikan harga minyak di wilayah tersebut. Kita memasuki situasi di mana pengangkutan minyak dengan kapal tanker menjadi semakin sulit. dan itu menaikkan harga,” katanya. Stefanus StopzinskiInspekturnya Bloomberg.

Serangan terhadap kapal tanker Marlin Luanda membawa lonjakan baru harga minyak internasional

Reli baru dalam minyak

Menyerang kapal tanker Marlin Luanda Harga minyak internasional mencapai level tertinggi baru dalam 2 bulan pada hari Jumat. Minyak mentah Brent naik di atas $83,6 per barel pada hari Jumat – membukukan kenaikan 1,5% di sesi Jumat – menyentuh level tertinggi yang terlihat sejak awal November. Pada saat yang sama, minyak mentah melampaui $78 per barel.

Itu Minyak – sebuah langkah Imerisia.gr Harga minyak naik lebih dari 7% pada bulan Januari, berkat penurunan persediaan minyak AS dalam jumlah besar dan dukungan tambahan dari upaya pemerintah Tiongkok untuk mendukung perekonomian negaranya.

Namun banyak Pedagang Berhati-hatilah mengingat prospek pasokan yang kuat dari produsen non-OPEC dan pertumbuhan permintaan yang lebih lambat dari importir utama, termasuk India.

“Upaya Sebelumnya untuk Melakukan Intervensi di Laut MerahMereka tidak membantu mencegah gangguankata seorang analis strategis di IG Asia Pte. Ia menambahkan bahwa persediaan AS yang lebih rendah dan data PDB yang lebih kuat, yang menunjukkan pertumbuhan PDB tahunan sebesar 3,3% pada kuartal keempat tahun 2023, menyebabkan para pelaku pasar mengabaikan prospek jangka panjang, tambahnya.

READ  Masalah kapal dan perusahaan pemiliknya

Peningkatan baru akan segera terjadi

Menurut Wakil Presiden Federasi Bratürich, George Asmatoglou Di dalam imerisia.grHarga bensin tanpa timbal dan solar, minyak pemanas di pasar ritel Yunani, telah “turun” sekitar 5 sen euro selama 5 hari terakhir.

Menurut data terakhir Kementerian Pembangunan, harga rata-rata nasional sederhana tanpa timbal adalah 1.822 euro per liter, solar 1.654 dan minyak pemanas 1.297, harga sedikit meningkat dibandingkan minggu lalu ketika sederhana tanpa timbal mencapai 1.815 euro per liter. , solar 1.646 dan minyak pemanas 1.288.

Faktor-faktor di pasar domestik memperkirakan bahwa harga akan sedikit “menggigit” dalam beberapa hari mendatang, yang diperkirakan akan mempengaruhi mereka yang ingin membeli minyak pemanas mengingat cuaca buruk.

“Yang kami harapkan mulai saat ini adalah peningkatan. Saya tidak melihat adanya kenaikan harga di bulan depan. Jika kenaikan ini terus berlanjut pada tingkat yang sama, kami akan dipandu untuk mencapai 2 Euro per liter dalam 15 hari bagi mereka yang tidak berada di pusat kota,” kata Mr. asmatoglo.

Bukan hanya Houthi

Lintasan kenaikan harga minyak internasional Pertahankan juga beberapa faktor, Selain meningkatnya ketegangan di Laut Merah.

  • Pada prinsipnya, prospek pemulihan ekonomi Tiongkok meningkatkan sentimen investasi. Pengumuman baru-baru ini mengenai pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang hanya sebesar 5,2% pada tahun 2023 tidak membantu meningkatkan harga minyak. Namun bank sentral Beijing akan melonggarkan kebijakan moneter dan memotong persyaratan rasio cadangan bagi bank sebesar 50 basis poin mulai 5 Februari, yang diperkirakan akan menghasilkan 1 triliun yuan ($139,8 miliar). ) dalam modal jangka panjang. Bank-bank Tiongkok umumnya diperkirakan akan membuka “saluran” pemberian pinjaman.
  • Di sisi lain dunia, di AS, persediaan minyak mentah turun lebih dari perkiraan sebesar 9,2 juta barel pada minggu lalu, sebagian besar disebabkan oleh cuaca dingin, yang juga mendukung harga. Pada saat yang sama, data hari Kamis menunjukkan perekonomian tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada kuartal keempat, sebuah indikator positif terhadap arah permintaan.
READ  Kostas Kostopoulos: Investigasi terhadap sutradara "Chasmus" telah dimulai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *