Mengedipkan mata ke Fidan: Saya menyambut baik hubungan Turki-Yunani yang sedang berlangsung – pernyataan bersama

Pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan dengan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken di Washington juga merujuk pada perkembangan bahasa Mediterania Timur dan bahasa Yunani-Turki.

Dalam pernyataan yang dirilis pada hari Sabtu, Blinken dan Fidan “membahas situasi di Mediterania Timur dan menggarisbawahi pentingnya menjaga stabilitas dan saluran komunikasi.”

Kepuasan Blingen terhadap hubungan Yunani-Turki

Menlu AS menyatakan kepuasannya atas kelanjutan keterlibatan antara Turki dan Yunani, termasuk Dewan Kerjasama Tingkat Tinggi Kelima di Athena pada bulan Desember 2023 dan penandatanganan Deklarasi Turki-Yunani tentang Hubungan Persahabatan dan Lingkungan yang Baik.

Kedua menteri mengumumkan bahwa perundingan perdagangan pertahanan AS-Turki akan dilaksanakan pada tahun 2024, dan kedua negara akan mengejar peluang untuk meningkatkan kerja sama pertahanan. Teks tersebut menyatakan bahwa selama pertemuan Blinken-Fidan di Washington, peluang untuk mengubah hubungan AS-Turki di bidang pertahanan dan keamanan dibahas, dengan menggunakan kemampuan dan inovasi signifikan masing-masing negara untuk mengatasi tantangan dan peluang strategis. .

Pertemuan Blinken-Fiden di Washington – Penting bagi stabilitas di Mediterania selatan, apa yang mereka katakan tentang Yunani

Milliyet: Kunjungan resmi Mitsotakis ke Turki pada bulan Mei

Dalam konteks umum pertemuan di Washington, kedua menteri “menegaskan kembali komitmen mereka terhadap agenda bilateral positif yang berorientasi pada hasil, berwawasan ke depan, dan mendukung tujuan bersama dan mengatasi tantangan global yang muncul.” Mereka membahas penguatan hubungan AS-Turki dalam berbagai isu, termasuk prioritas regional, kontraterorisme, kerja sama keamanan, pembangunan ekonomi, perdagangan, keamanan energi, dan perubahan iklim.

AS-Turki: Kedua menteri menegaskan kembali dukungannya terhadap Ukraina

Blinken dan Fidan “menegaskan kembali dukungan AS dan Turki terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dalam menghadapi perang yang tidak dapat diterima oleh Rusia,” dan menyatakan kepuasan AS terhadap upaya Turki di Laut Hitam. Memfasilitasi rute aman yang penting untuk pertambangan dan biji-bijian serta perdagangan internasional.

READ  Penegak 'Singa', kesalahan oleh 'Pit Bull'

Mengenai perang di Gaza, teks pernyataan tersebut mengatakan bahwa para pemimpin diplomatik AS dan Turki menggarisbawahi pentingnya menemukan “jalan untuk mengakhiri konflik” dan solusi segera terhadap krisis kemanusiaan. Mereka menegaskan kembali komitmen mereka terhadap solusi dua negara yang berkelanjutan.

Mengenai terorisme “panas” di Turki, Amerika Serikat dan Turki melanjutkan konsultasi kontra-terorisme “selama Mekanisme Strategis untuk Memperluas Kerjasama Kontra-Terorisme dan menganggap jaringan yang terlibat dalam kejahatan terorganisir dan perdagangan narkoba sebagai ancaman terhadap keamanan nasional mereka.”

“Mantan menteri AS menegaskan kembali kecaman AS terhadap organisasi teroris PKK, DHKP-C dan ISIS/DAESH yang menargetkan Turki dan kepentingan Turki,” kata pernyataan bersama itu.

Amerika Serikat dan Republik Turki menegaskan kembali komitmen bersama mereka untuk memastikan kekalahan total Negara Islam (ISIS/DAESH) di Suriah dan Irak dan membahas kerja sama untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ISIS/DAESH dan afiliasinya, Qaeda di Afrika. dan Asia Tengah,” tambah pernyataan bersama itu.

Kedua menteri “membahas semua aspek krisis Suriah dan menegaskan kembali komitmen AS dan Turki terhadap proses politik yang dipimpin dan dimiliki Suriah sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254.” Mereka menegaskan kembali pentingnya memulangkan tahanan ISIS/DAESH dan memindahkan orang-orang dari Suriah Timur Laut ke negara asal mereka, di mana mereka dapat direhabilitasi, diintegrasikan kembali ke komunitas asal mereka dan diadili jika diperlukan.

Mengenai Kaukasus Selatan, Blinken dan Fidan berjanji untuk bekerja sama guna mendorong perjanjian perdamaian yang seimbang dan langgeng antara Azerbaijan dan Armenia, setuju bahwa hal ini akan mendorong stabilitas, kerja sama, dan kemakmuran regional.

Terakhir, kedua menteri menyambut baik masuknya Swedia ke NATO sebagai sekutu ke-32, yang akan “memperkuat aliansi dan keamanan Euro-Atlantik”.

READ  Penghormatan kepada pesepakbola yang meninggal karena kanker - 'Dia akhirnya mulai mengerti'
Ikuti itu Di Google Berita Dan jadilah orang pertama yang mengetahui semua beritanya
Lihat semua berita terbaru dari Yunani dan dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *