Mitsotakis tentang India: Hubungan strategis antara kedua negara sangatlah penting

“Merupakan suatu kehormatan nyata untuk datang ke India dalam kunjungan resmi, membalas kunjungan Perdana Menteri India ke Yunani beberapa bulan lalu,” kata Mr. Mitsotakis, yang disambut oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis bersama istrinya Mareva Grabovski-Mitsotakis tiba di Rashtrapati Bhavan di mana dia diterima oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Pada awal kunjungannya ke India, Perdana Menteri mengatakan:

“Merupakan suatu kehormatan bagi Perdana Menteri India untuk membalas kunjungannya ke Yunani beberapa bulan lalu dan datang ke India dalam kunjungan resmi.

Bagi Yunani, kemitraan strategis antara kedua negara sangat penting, dan kita akan memiliki kesempatan untuk membahas berbagai isu, konsultasi politik, kerja sama strategis, dan juga perkembangan hubungan ekonomi antara kedua negara. Jadi merupakan suatu kehormatan untuk berada di sini dan saya menantikan diskusi kita dengan Perdana Menteri.

Kemudian, Perdana Menteri memberikan penghormatan pada peringatan Mahatma Gandhi dan mencatat pesannya sendiri di buku tamu.

India

Beberapa bulan setelah kunjungan resmi Perdana Menteri India Narendra Modi ke Athena pada Agustus lalu, Kyriakos Mitsotakis berupaya untuk menyoroti Yunani sebagai pintu gerbang strategis, geopolitik dan komersial ke Eropa, negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia, namun juga untuk memperkuat Yunani. Hubungan politik, ekonomi dan investasi antara kedua negara.

Bagi India dengan populasi lebih dari 1,4 miliar jiwa, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia dan sekaligus merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dalam dua tahun terakhir, Yunani adalah negara terdekat, sebuah pintu gerbang. Hal ini harus menginspirasi Eropa dan penguatannya lebih lanjut di arena internasional.

Perdana Menteri Yunani hari ini pukul 10 pagi (waktu setempat) Mr. Modi akan disambut secara resmi dan sore harinya ia akan menjadi tamu kehormatan dan pembicara utama pada Dialog Raisina ke-9 tahun 2024, konferensi multilateral terpenting India mengenai geopolitik dan ekonomi. , menunjukkan pentingnya pihak India terhadap kunjungan Perdana Menteri. Ini adalah forum tingkat tinggi yang dihadiri oleh tokoh politik, bisnis dan media dan sering disebut sebagai “Davos kecil dari Timur”.

READ  Tn. Akankah "sponsor" Velopoulos akhirnya bereaksi?

Yunani dan India mempunyai ikatan sejarah, dan kerja sama mereka semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di bidang pertahanan dan kebudayaan, namun masih terdapat tingkat integrasi yang lebih luas. Dalam upaya untuk lebih memperluas bidang kerja sama ini, pada pemberhentian Kyriakos Mitsotakis berikutnya ke Mumbai besok, dia akan mengadakan pertemuan dengan perwakilan perusahaan dan kelompok India, sementara dia menyambut orang Yunani-India. Forum bisnis. Wakil Menteri Luar Negeri Kostas Fragogiannis akan hadir di sana bersama perwakilan 70 pengusaha Yunani.

Pengusaha Yunani Mr. Bersama Fragogiannis, mereka akan mengunjungi Bangalore, pusat teknologi tinggi India, untuk mencoba menarik investasi dan modal baru ke Yunani.

Perlu diingat bahwa melalui Deklarasi Bersama tentang Hubungan Strategis pada bulan Agustus lalu, Perdana Menteri Yunani dan India sepakat untuk memperluas kerja sama bilateral di tingkat politik, keamanan dan ekonomi serta berupaya menggandakan perdagangan bilateral di tahun-tahun mendatang. . Tujuannya adalah untuk memperdalam dan mengintensifkan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan, pelayaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dunia maya, pendidikan, kebudayaan, pariwisata dan pertanian.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, pembukaan pertama dilakukan pada kunjungan Perdana Menteri India ke Athena pada Agustus lalu, memberikan kesempatan pertama untuk menjalin kontak antara pengusaha India dan Yunani untuk menjajaki peluang investasi dan mengembangkan hubungan. Kemitraan.

Meskipun ekspor Yunani ke India meningkat pada tahun 2022, angka tersebut tidak setara dengan 1 euro per orang India, sementara India memiliki pariwisata keluar tahunan sebesar 40 juta orang berpenghasilan tinggi. , terutama mengingat tingkat pertumbuhan (IMF) India sebesar 6,3% pada tahun 2024.

Spektrum dan perspektif kerja sama dan sinergi sangat luas, terutama di bidang infrastruktur (pelabuhan, bandara), teknologi tinggi, sumber energi terbarukan, sektor pariwisata dan bantuan, karena besarnya kehadiran kelompok India di Yunani. Kehadiran perusahaan Yunani di India, khususnya di sektor pangan, farmasi dan pelayaran.

READ  Kings 119-117: Sasha Veshenkov mengikat kemerosotan tertinggi dalam karier Sacramento

Agenda bilateral utama adalah dimensi geopolitik dari kunjungan tersebut dan penguatan hubungan kedua negara secara keseluruhan. “Sebagai negara maritim secara historis, kami telah lama mempunyai pandangan yang sama mengenai pentingnya kebebasan navigasi, keamanan maritim dan penghormatan penuh terhadap hukum laut internasional, khususnya Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), yang menjadi komitmen kami. keduanya merupakan pihak yang menandatangani,” katanya bersama mitranya dari India di Athena. Kiriakos Mitsotakis menegaskan setelah pertemuan pada bulan Agustus.

“Kedua negara kita mempunyai nilai-nilai demokrasi yang sama dan komitmen yang kuat terhadap hukum internasional, termasuk hukum laut. Kami sepakat untuk menegakkan tatanan internasional berdasarkan aturan dan mendorong perdamaian dunia,” ujarnya. , Keberlanjutan dan Pembangunan”.

Sumber: Langit.G.R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *