Moody's menangguhkan Bursa Efek Athena

Lembaga pemeringkat menundanya. Moody's Itu Bursa Efek Athena. Dengan peringkat yang dipertahankan pada Ba1, dengan prospek stabil, dengan laporan positif atas semua yang telah dicapai, namun menyoroti risiko yang akan datang dan langkah tambahan yang harus diselesaikan pada penilaian berikutnya.

Laporan dan penilaian Moody's terhadap perekonomian Yunani tidak benar-benar membuka pintu bagi Bursa Efek Athena untuk memasuki pusat investasi utama. Jadi domestik adalah sebuah janji pasar modal Dengan rumah investasi terbesar di dunia, ditunda hingga September 2024. Karena esensi dari perbaikan dan pemulihan “investment grade” bukanlah sesuatu yang teoritis. Ini bukan pesan penghargaan atau ucapan selamat kepada pemerintah dan tempat tersebut. Hal ini menjadi lampu hijau bagi dana investasi baru untuk masuk ke pasar saham dan obligasi dalam negeri.

Nah, masuknya modal baru yang telah lama ditunggu-tunggu ini ditunda hingga musim gugur, sehingga memperkuat permintaan terhadap saham dan obligasi yang ada. Sebab menurut Moody's, mungkin banyak langkah positif yang diambil dan perbaikan dalam banyak aspek kualitatif dan kuantitatif, namun ada risikonya.

Jadi Moody's tidak mencap tiket resminya pada Jumat lalu.”Kelas investasi“, mengingat tingkat risiko masih ada dan terlihat. Meskipun S&P dan Fitch sama-sama memberikan tanda hijau. Pasar obligasi memberikan tanda “OK” yang informal namun penting, dengan biaya obligasi pemerintah Yunani bertenor sepuluh tahun turun menjadi 3,20%, karena obligasi Jerman sepuluh tahun berada di bawah 90 basis poin. .

Yang benar adalah pemerintah Yunani Saat ini negara ini menikmati biaya pinjaman yang sama dengan Siprus dan Spanyol, sementara negara ini meminjam lebih sedikit dibandingkan Italia, yang tingkat suku bunga obligasi sepuluh tahunnya adalah 3,60%. Dengan kata lain, di antara jenis investor tertentu yang berinvestasi di pasar utang, obligasi Yunani dianggap dapat diandalkan dan layak untuk diinvestasikan.

READ  Pernikahan Pangeran 10 Hari di Brunei - Resepsi Gemerlap, Kue Besar, dan Gaun Pengantin Bordir Lengkap [εικόνες]

Hal yang sama juga terjadi di Bursa Efek Athena. Investor asing membeli saham tanpa mendapat persetujuan resmi dari Moody's. Mungkin, mereka adalah investor yang lebih menghindari risiko. Mungkin memang begitu Keuangan Orang-orang yang melakukan “front run” informal, yaitu menjual dengan untung dan membeli saham menunggu tren naik untuk menggunakan keuntungan modal mereka. Kemungkinan besar, mereka adalah investor yang ingin berpartisipasi dalam “kisah” pertumbuhan perekonomian Yunani. Investor mungkin melihat peluang karena peningkatan keuntungan perusahaan tercatat, pembagian dividen yang lebih tinggi, keuntungan modal dan “kesepakatan”. Mereka mungkin adalah investor yang menganggap risiko negara lebih rendah dibandingkan tingkat pengembalian yang diharapkan.

Singkatnya, kenyataan menunjukkan bahwa sebagian besar investor asing merasa bahwa peningkatan ke “investment grade” oleh Fitch dan S&P sudah cukup. Namun, “penangguhan” Moody's pada Jumat berfungsi sebagai efek jera bagi investor asing yang telah menunggu cap persetujuan lembaga pemeringkat untuk mengambil tindakan.

Jadi, pada tahap ini, dana segar tidak diharapkan dari investor institusi yang mengharapkan keputusan yang menguntungkan dari Moody's. Pada saat yang sama, seperti yang kami sebutkan di atas, beberapa likuidasi juga dapat dilihat dari dana yang diimplementasikan.berlari ke depan“. Mereka harus menunggu hingga September 2024 untuk laporan dan pemeringkatan Moody's berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *