Tabungan: Setiap orang mendapat dompet pribadi

Kemungkinan menabung untuk tujuan meningkatkan taraf hidup tidaklah muncul dengan sendirinya.

Kenangan akan jatuhnya pasar saham pada tahun 1999, pemotongan obligasi, dan menyusutnya pendapatan yang dapat dibelanjakan selama krisis yang telah berlangsung selama satu dekade masih segar.

Meskipun terdapat 35 juta rekening deposito yang dihitung oleh Bank Yunani, 30% populasi Yunani yang menjadi sampel survei memiliki setidaknya satu rekening bank di Yunani.

Anda tidak dapat menabung atau belajar menabung ketika Anda tidak mempunyai uang untuk dihasilkan setiap bulan atau terlilit hutang yang besar.

Namun, bukti dari sampel survei yang akan dipresentasikan minggu depan oleh staf keuangan cukup mengejutkan bahwa meskipun terdapat 35 juta rekening di bank, hanya 30% orang dewasa di Yunani yang memiliki simpanan.

Rupanya, beberapa orang memiliki lebih dari satu akun, karena angka dari Capital Guarantee Fund menunjukkan bahwa sekitar 72% akun memiliki saldo kurang dari €1.000.

Studi khusus

Permasalahannya begitu kompleks sehingga mulai tahun 2020 EBRD dan IOBE ditugaskan melakukan studi untuk menciptakan budaya menabung melalui proposal yang memiliki kesamaan dalam pengembangan pasar investasi dan literasi keuangan.

Sejak tahun 2021, EBRD dan IOBE menyajikan sejumlah besar analisis dan proposal yang pada akhirnya mencapai kesimpulan bersama: perubahan dan perbaikan paralel melalui reformasi dan modernisasi di mana pun.

Salah satu usulan dari IOBE adalah pembuatan Akun Investasi Pribadi jenis khusus.

Hal ini mencakup, antara lain, penempatan pada sekuritas keuangan milik perusahaan dalam negeri atau perusahaan yang didirikan di dalam negeri.

Perusahaan dipilih berdasarkan karakteristik tertentu, dengan diversifikasi risiko yang memadai untuk menciptakan portofolio berisiko rendah.

Memanfaatkan kemungkinan yang ditawarkan oleh Peraturan Pengecualian Umum EU 651/2014, akun ini mencakup ambang batas minimum untuk pekerjaan di perusahaan domestik dengan strategi penelitian dan pengembangan yang kuat atau pembangunan “hijau” atau investasi infrastruktur atau menargetkan usaha kecil dan menengah.

READ  PAOK 87-88: Kemenangan epik atas Turki dalam thriller perpanjangan waktu ganda untuk menentukan kualifikasi babak 16 besar BCL di Baladagi

Pada saat yang sama, hal ini juga akan mencakup penempatan di luar negeri pada obligasi perusahaan menengah dan besar untuk diversifikasi risiko yang lebih baik.

Belum ada keputusan akhir yang dibuat mengenai nama akun, formatnya, atau apakah akan ada satu atau lebih opsi.

Kondisi dapat diciptakan untuk pembuatan beberapa rekening khusus yang terkait dengan suatu target (misalnya pensiun, lump sum, melalui dana profesional yang baru saja dipilih) atau melalui produk baru yang dibuat, dan pada saat yang sama menerapkan arahan Eropa untuk transfer kekayaan secara bebas dalam negeri. Zona Euro.

sumbu

Staf ekonomi pemerintah telah menetapkan batas waktu dua tahun untuk menyelesaikan tujuan menciptakan budaya dan potensi tabungan di Yunani.

Kali ini, mereka menguraikan proposal EBRD dan IOBE dan menghasilkan enam sumbu.

Setiap poros mencakup reformasi individual yang sudah kita pertimbangkan. Contohnya adalah pelembagaan dana profesional, yang memperkenalkan perusahaan-perusahaan besar yang mewakili sektor-sektor utama perekonomian Yunani ke AX (Helleniq Energy, Eleftherios Venizelos).

Misalnya, satu sumbu mencakup pengurangan pajak akumulasi modal menjadi 0,2%, pengurangan pajak transaksi keuangan menjadi 0,1%, harmonisasi perpajakan obligasi korporasi untuk semua jenis investor, namun insentif perpajakan seperti insentif impor. Usaha kecil dan menengah di Bursa Efek Athena mengurangi biaya pencatatan.

Namun ada poros lain terkait penciptaan produk menarik, penguatan kredibilitas pasar, pemulihan kepercayaan.

Peningkatan tabungan mengandaikan pengurangan utang swasta dan sistem perbankan yang lebih kuat.

RUU Kementerian Perekonomian dan Keuangan Nasional untuk prajurit, pengembangan mekanisme di luar pengadilan, pencairan pinjaman dari lembaga non-perbankan, dll., bergerak ke arah ini.

Pada saat yang sama, langkah-langkah diambil untuk meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan (investasi, dll.).

READ  Autophoro Singer - Dia menolak peraturan dan mengancam polisi

Namun, memulihkan kepercayaan terhadap institusi merupakan hal mendasar bagi efisiensi pasar modal untuk melindungi penabung dan investor.

Oleh karena itu, Otoritas Pasar Modal mempunyai poros tersendiri dengan tindakan peningkatan dan modernisasi teknologi secara menyeluruh.

Terakhir, namun yang paling penting adalah penciptaan budaya menabung, yang mencakup kampanye literasi keuangan yang melibatkan seluruh pelaku pasar dan berbagai kementerian.

Kementerian Perekonomian Nasional dan Sekretariat Khusus Pengelolaan Kredit Swasta, Otoritas Pasar Modal dan Bank Sentral Yunani merupakan kontributor utama dalam perencanaan ini.

Edisi Premium “Berita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *