Alain Delon, hari ini Minggu 18/8, salah satu wajah laki-laki tercantik, tentu saja salah satu wajah laki-laki tercantik yang pernah lewat di depan lensa bioskop, mendominasi perfilman Eropa selama beberapa dekade dan membesarkan seluruh generasi. Entah dengan membintangi film layar kecil karya kreatif besar atau petualangan polisi komersial yang meroket popularitasnya di tahun 1970-an.
Pada saat yang sama, seorang yang kontroversial, misterius dan berkepribadian kelam, ia tidak pernah berhenti menimbulkan pertanyaan dan memancing kebencian, namun ia mendapatkan dimensi dari posisi raja yang ia duduki sejak usia dini (sejak usia dini). Sebuah legenda.
Pada Mei 2019, beberapa bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-84 (8 November), Alain Delon mendapat penghargaan dari Festival Film Cannes (14-25 Mei). Palme d’Or spesial sepanjang karirnya, sebuah penghargaan “Seorang raksasa, legenda hidup, kepribadian global“Festival memanggilnya dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa mereka telah mencoba memberinya penghargaan selama bertahun-tahun, tapi dia mengabaikannya. Menurut festival tersebut, Delone sebelumnya telah menolak penghargaan tersebut. “Karena satu-satunya alasan dia pergi ke Cannes adalah untuk merayakan sutradara yang bekerja bersamanya.” Siapa tahu benar, kehidupan Alain Delon menunjukkan bahwa kesopanan bukanlah salah satu anugerah terbesarnya.
Anak “Buruk”: Wanita, Dunia Bawah, dan Kelompok Kanan Jauh
Delon yang reaksioner dan konservatif dalam pilihan politiknya, tidak merahasiakan preferensi sayap kanannya. Dia dianggap sebagai lingga dan bagi sebagian wanita dianggap satir. Dia “bermain” dengan wanita di tahun enam puluhan: hubungannya yang penuh badai dengan seorang aktris Austria dari tahun 1959 hingga 1963 Romy Snyder (yang membantunya dalam inisiasinya) mengirimnya ke dalam depresi. Dia menikahinya setahun kemudian Natalie Delon (Dia membawa putranya bersamanya Antonius) dan mereka bercerai pada tahun 1969 Mirille Gelap. Dia selalu dikabarkan memiliki hubungan yang meragukan dengan dunia bawah karena kasus pembunuhan pengawalnya yang terkenal. Stephen Markovic Pada tahun 1960-an, sebuah kasus yang membayangi Delon selama bertahun-tahun, namun juga sebuah skandal yang hampir mengungkap beberapa tokoh paling terkenal di dunia politik dan dunia hiburan di Prancis.
Dengan kata lain, sebuah teka-teki, dan teka-teki yang sulit diuraikan, Delon hanya melakukan sedikit wawancara, dan tidak ada biografi tertulis tentang dirinya yang diterbitkan atas persetujuannya. Faktanya, dalam “Alain Delon, the Forbidden Biography” karya Bernard Violt (Kastaniotis Editions 2000), Delon mengajukan banding ke pengadilan sebelum buku tersebut diterbitkan. Pada musim panas tahun 1990 (sepuluh tahun sebelum rilis!) aktor tersebut berhasil menghentikan sementara penulisannya. “Menurut banyak sarjana hukum“Violet menulis di kata pengantar karyanya”Tindakan ini hampir merupakan penyensoran preventif, bertentangan dengan prinsip kebebasan berekspresi penulis, jurnalis, dan warga negara yang dicanangkan oleh konstitusi Prancis.».
Wajah yang melucuti senjata
Bibir yang bangga, senyum jahat, gigi putih, lesung pipi, rambut hitam tebal mengilat, pinggiran yang berbeda di atas tatapan lurus berwarna biru peluru. Ketika dia dikeluarkan dari setiap sekolah paroki, ibunya mengirimnya dari St. Nicolas, di dekatnya, ke Fransiskan Bousenval.
Di sekolah, Alain Frabiand Maurice Marcel Delon dari Chaussées di Hauts-de-Seine, tempat ia dilahirkan, hanya menyukai senam. Nanti, ibunya akan mengatakan bahwa dia berada di peringkat 43 … 44. Masa remaja yang sulit datang sepenuhnya ketika Delon menjadi sukarelawan di Angkatan Laut.
Dari tahun 1953 hingga 1954 ia berpartisipasi dalam Perang Indochina, dan ketika ia kembali ke Paris (“dari satu hutan ke hutan lainnya,” katanya), ia melakukan segalanya untuk mencari nafkah kecuali orang tuanya (saat itu) menjalankan toko daging. Bercerai dari ayahnya, ibunya menikah dengan Paul Bouillon, pewaris bisnis charcuterie besar).
Saat Delone sedang bekerja di kedai kopi, seorang jurnalis hendak mengatur pertemuan antara dia dan sutradara. Yves Alegre yang memintanya untuk menceritakan tentang hidupnya. Dua jam kemudian, Delon dipekerjakan untuk film tahun 1957 Godot the Blackmailer yang dibintangi Jean Servet. Permulaannya telah dibuat.
Bahaya Ripley
Tom Ripley, pahlawan pemberontak namun menawan dalam banyak novelnya Patricia Pandai TinggiAlain Delon, yang membentuk kariernya, membuat debut filmnya pada tahun 1960 dalam “Naked in the Sun” karya René Clement. Namun ide awal untuk peran Ripley adalah ketika Cleman dan produser bersaudara “melihat” para aktornya Akimadalah Maurice RonetBintangi selama “Elevator to Murder”. Delone, 24, bisa berperan sebagai korban Ripley, Dickie Greenleaf. Hanya saja Alain Delon bukanlah pasangan yang mudah, apalagi jika menyangkut “aku” -nya. Keberatan utamanya adalah pembagian peran: Delon yang tidak dikenal menginginkan peran Ripley, dan Ron, biarkan dia berperan sebagai Greenleaf! Ironisnya, Delon akan “membunuh” Ronette lagi bertahun-tahun kemudian dalam hit lainnya, “The Pool,” di mana Romy Snyder menjadi sumber kontroversi.
Dalam pertemuan terkenal selama empat jam yang dihadiri oleh Akim, Clement dan istrinya kelahiran Rusia, Delon berbicara dengan berani dan berani tentang karakter dan kepribadiannya. Mengambil risiko. Produser besar menyebutnya aib, dan kontrak akan dibatalkan jika istri Clement tidak memberi tahu suaminya. “Anak itu benar!”. Akins akhirnya setuju, dan “Naked in the Sun” menjadi sukses besar, menjadikan Delone seorang bintang.
Tahun-tahun kejayaan
Sulit untuk menggambarkan dalam beberapa baris sensasi yang diterima Delon di tahun 1960-an, ketika ia menjadi aktor Eropa yang paling dicari di generasinya. Luchino Visconti, yang telah memilihnya untuk peran utama sebagai petinju (dan putra Katina Paxinos) dalam “Rocco and His Brothers”, kemudian menggantikannya sebagai Tancredi untuk “Godbardo”, sebuah epik hebat dari halaman Giuseppe Di Lampedusa. Palme d’Or di Cannes merupakan penghargaan tertinggi untuk film yang dibintangi Delon.
Di ujung yang berlawanan, orang Italia lainnya, Tn Michelangelo AntonioniDia menganggapnya sebagai teman terbaiknya Monica Whitty Untuk “Eclipse”, penulis hebat ini menyelesaikan “Trilogy of Alienation” yang terkenal (diselesaikan dengan “Adventure” dan “Night”). Delon tidak membatasi dirinya hanya pada film-film “budaya”. Periode petualangan “Tulip Hitam”. Christian-Jacks Kembali ke Spanyol dan memecahkan box office di Prancis. Dia bukan satu-satunya. Jejak Delon segera menyusul di Amerika, di mana dia dipuji sebagai “Dekan James Prancis”.
Namun di Hollywood, Delon bukanlah dirinya sendiri, itulah sebabnya dia tidak memutuskan hubungannya dengan Prancis. Dia segera pulih. Di AS, ia membuat sangat sedikit film yang luput dari perhatian, namun The Thief, film gangsternya. Ralph Nelson, Mereka layak mendapat perhatian lebih. Film barat “The Eagles of Texas” terbukti gagal Dekan MartinHal ini tidak terjadi di Eropa Barat Terence Muda “Duel di Matahari Merah” dengannya Ursula Andres Dan dia Charles Branson Dia ikut membintangi bersamanya dalam “Selamat tinggal, Teman” yang indah, noir yang diremehkan Jean Hermann.
Periode Melville
Kolaborasi Delon dengan sutradara Perancis dimulai pada tahun 1967 dengan “The Assassin with the Angel Face”. Jean Pierre MelvillePerwakilan terbesar dari neo-noir Prancis, ditandai dengan aksi yang tenang, ritme yang lambat, suasana melankolis, dan psikoanalisis yang halus. Dalam peran yang cocok untuknya, Delone berperan sebagai “samurai” anti-hero dari judulnya, Jeff Costello, seorang pembunuh berdarah dingin yang pendiam yang berkelok-kelok seperti orang biadab yang terluka antara dunia bawah dengan jas hujan dan topi kepiting. Polisi dan seorang saksi yang mengenalinya saat “bekerja” di Paris.
Tatapan dingin Delon, arahan gaya Melville, sinematografinya yang menawan Henry TeckSuara jazznya yang membuat ketagihan François De Roubet Mereka menghasilkan sebuah ansambel yang tak terlupakan, sebuah landmark dalam sinema Perancis dan sebuah film yang ditiru banyak orang namun tidak ada yang mencapainya. Melville dan Delon membuat dua film lagi bersama-sama, “Operasi Lingkaran Merah” (kisah perampokan yang didalangi oleh Delon) dan “Cops,” nyanyian Melville dengan Delon kali ini di sisi hukum. Faktanya, dia berakting dengannya untuk pertama kalinya di film ini Catherine Deneuve. Setelah kesuksesan “Pembunuh Berwajah Malaikat”, Delone dikatakan telah memutuskan untuk mengadopsi gaya serupa dalam kehidupan pribadinya: bintang yang jauh, hemat kata-kata, dan tidak dapat didekati …
Acara bisnis
Pada akhir 1960-an, Alain Delon juga kembali ke dunia pembuatan film, yang memberinya kebebasan memilih perannya sendiri. Betapapun cerdasnya dia, dia tahu apa yang bisa dia jual, dan selama dekade berikutnya dia menjadi fenomena komersial di sinema Prancis dan Eropa pada umumnya. Dia menjadi “pria tangguh yang baik” dalam petualangannya yang paling terkenal, terkadang berperan sebagai polisi dan terkadang sebagai penjahat. Dia juga menjadi produser di banyak film tersebut. Diantaranya adalah hit besarnya dengan “Porcelino” (1979). Jean-Paul Belmondo (“Crime in Place Bigale”, film tahun 1957 di mana mereka bertemu lagi saat masih sangat muda), “Two Strangers in the Same Town” (dengan Jean Cobbin“The Sicilian Gang”), lawan mainnya dalam “Gypsy”, “Police Story”, “Nice Heart and Ruthless”, “Three Hearts” dan blockbuster tahun 1981, “For the Tomorrow of a Cop”, yang menandai arahan Delone . Perkenalan Dua yang terakhir adalah adaptasi novel karya penulis Perancis Boller Jean Patrick Manset. Usaha penyutradaraan keduanya yang lebih matang adalah dalam petualangan “The Fighter” (1983), di mana ia juga tampil sebagai penulis skenario bersama.
Pada tahun tujuh puluhan, Delon juga bereksperimen dengan neo-noir psikologis Prancis, membintangi film-film menarik, meski kini terlupakan, seperti “Blood in the Snow” miliknya. Pierre Grenier Berbeda (Juga Simon Signor), pada dekade berikutnya, ketika waktu pertama kali mulai berdampak buruk pada dirinya, Delon tidak ditolak peran yang benar-benar tidak lazim untuk status gaynya, seperti Swan’s Love (1984). Volker SchlendorfFilm berakhir dengan kematian tragis istri keduanya dalam kecelakaan mobil. Mirille Gelap, dari siapa dia bercerai. Delon menjalin hubungan dengan aktris Belanda dari tahun 1987 hingga 2001 Rosalie Van Bremen Dia memiliki dua anak, Alain-Fabian Dan dia Anouska.
Egonya yang meningkat
Pada tahun sembilan puluhan, penampilan audiovisualnya mulai menurun secara signifikan, namun Delon akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya dari bioskop selama “The Return of Casanova” (1992). Hitsnya di tahun 2000-an termasuk serial ‘Frank Riva’ (2003-2004) di mana ia berperan sebagai polisi rahasia senior dan peran lain dalam film ‘Asterix at the Olympics’. Itu sangat cocok dengan kepribadiannya: Julius Caesar.
Setelah bertahun-tahun pensiun dari dunia perfilman dan hiburan, Alain Delon akhirnya memberikan akun wawancara kehidupannya kepada “Paris Match” pada Januari 2018. Dia membenci segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ini dan egonya yang besar mendominasi bahkan dengan pernyataan serius bahwa dia akan meninggalkan kehidupan tanpa penyesalan. Lagi-lagi Alain Delon membuat gaduh dan mendominasi media.