Cara Mematikan Komputer Menggunakan Keyboard

Baik Anda menggunakan PC Windows 11 atau Mac, mematikan perangkat adalah sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Biasanya, hal ini dapat dilakukan menggunakan menu “Start” di Windows atau menu “Apple” di Mac.

Namun Anda dapat menggunakan keyboard untuk mematikan komputer lebih cepat atau jika terjadi kesalahan, Anda tidak akan dapat mengakses menu biasa. Mari kita lihat cara kerjanya.

Cara Mematikan Komputer Windows Menggunakan Keyboard

Windows menawarkan beberapa cara untuk mematikan komputer Anda menggunakan keyboard. Anda dapat menggunakan tombol Alt + F4, Ctrl + Alt + Delete atau perintah akhir. Lihat cara kerjanya.

Gunakan Alt + F4

Alt+F4 merupakan shortcut keyboard yang digunakan untuk menutup aplikasi yang sedang aktif. Namun jika tidak ada aplikasi yang terbuka, perintah akan membuka menu shutdown.

  • Tekan Alt + F4 pada keyboard Anda untuk membuka jendela shutdown.

  • Tekan Enter atau klik OK untuk mematikan komputer

Kekurangan dari cara ini adalah tidak akan berfungsi jika ada aplikasi yang berjalan pada saat itu. Alt + F4 akan menutup aplikasi yang sedang berjalan alih-alih mematikan komputer.

Menggunakan perintah mematikan

Cara lain untuk mematikan komputer Windows Anda adalah dengan menggunakan perintah shutdown /s. Anda dapat menggunakannya dari baris perintah atau melalui dialog Run.

  • Tekan Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka jendela Run.
  • Ketik matikan /s /t 0.

Komputer Anda akan segera mati. Bagian /t 0 menghilangkan peringatan dan waktu tunggu sebelum mematikan sistem, jadi tidak diperlukan, tetapi lebih cepat.

Menggunakan Ctrl + Alt + Hapus

Terakhir, opsi lainnya adalah menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete. Metode ini sedikit lebih rumit, namun dapat berguna jika komputer Anda tidak merespons tindakan lain.

  • Tekan Ctrl + Alt + Hapus pada keyboard Anda.
  • Klik tombol Daya di sudut kanan bawah.
READ  PAOK 2-1: Derby hidup dalam perebutan gelar bercat merah putih

  • Pilih hasilnya.

Cara Mematikan Mac Menggunakan Keyboard

Mac tidak perlu dimatikan menggunakan keyboard. Ada pintasan yang dapat Anda gunakan, tetapi itu hanya ketika Mac Anda dalam keadaan idle dan tidak dapat dimatikan menggunakan metode konvensional.

Jika Anda mengalami situasi seperti ini, Anda dapat menekan tombol Ctrl + Command + Option + Power secara bersamaan pada keyboard. Tindakan ini akan langsung mematikan Mac Anda, namun akan mematikannya secara tiba-tiba dan tidak disarankan jika komputer Anda berjalan normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *