'Jangan pernah mengisi daya ponsel Anda di bandara' – pakar keamanan siber menjelaskan alasannya

Seorang pakar keamanan siber memperingatkan para pelancong tentang bahaya tersembunyi dari mengisi daya ponsel mereka di bandara.

Setelah berjam-jam menelusuri tanpa tujuan, memeriksa petunjuk arah, dan terhubung dengan teman dan keluarga saat bepergian, banyak yang mendapati baterai ponsel mereka mati. Jadi mereka menuju ke stasiun pengisian daya yang nyaman dengan port USB yang dapat ditemukan di terminal bandara.

Namun, meskipun nyaman dan stasiun-stasiun ini tampaknya merupakan solusi terbaik, banyak wisatawan yang terkejut karena peretas telah menemukan cara untuk memuat virus.

Jay Rowe dari produsen adaptor steker Signal + Power menjelaskan tiga alasan mengapa Anda tidak boleh mengisi daya ponsel Anda di bandara.

1. Risiko Malware

Menurut Jay, itu adalah alasan nomor satu untuk tidak pernah mengisi daya ponsel Anda di bandara “Kenyamanan disertai dengan risiko keamanan yang besar”.

“Port ini dapat disusupi untuk menginstal malware di perangkat Anda. Malware ini dapat menyelinap masuk tanpa terdeteksi dan secara diam-diam mencuri informasi sensitif seperti kata sandi dan detail bank.” menjelaskan.

Pada tahun 2023, Badan Intelijen dan Keamanan Amerika Serikat merilis pesan melalui akun Twitter resminya di Denver: “Hindari penggunaan stasiun pengisian gratis di bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan. Penjahat telah menemukan cara untuk menggunakan port USB publik untuk menyuntikkan malware dan perangkat lunak pengawasan ke dalam perangkat.”

2. Pembajakan jus

Kemudian sang ahli memperingatkan tentang teknik yang disebut “juice jacking”. Di sinilah letak permasalahannya Malware dapat diinstal melalui port USB yang rusakMengunci perangkat atau mengekspor data pribadi dan kata sandi Anda langsung ke penjahat.

Untuk ponsel pintar, ini berfungsi karena daya dan data mengalir melalui kabel yang sama. “Setelah terinfeksi, ponsel Anda akan terinfeksi di mana pun Anda membawanya, tidak hanya di bandara” Jay menunjukkan.

READ  Keberatan saya terhadap pernikahan sesama jenis

3. Pelaporan data

Terakhir, mengisi daya perangkat seluler Anda di bandara dapat menyebabkan paparan data yang tidak disengaja. Meskipun stasiun pengisian daya tidak diretas, Anda tetap berisiko.

“Stasiun pengisian daya dapat mentransfer data dan energi. Meskipun ponsel meminta pengguna untuk memilih antara mode “hanya mengisi daya” dan “transfer file”, perlindungan ini sering kali diabaikan di stasiun pengisian daya. Akibatnya, perangkat Anda mungkin rentan terhadap penyadapan atau eksploitasi data. Data yang dicuri ini kemudian dapat digunakan untuk pencurian identitas atau dijual di web gelap. Pakar itu mengungkapkan.

Tips agar tetap aman

Selain memberikan peringatan, Jay juga membagikan beberapa tips tentang cara mengisi daya ponsel dengan aman di bandara jika Anda berada dalam situasi yang membutuhkannya.

Itu Tip pertama adalah berinvestasi pada charger portabel sehingga Anda tidak harus bergantung pada stasiun pengisian umum.

Kedua, tetap berpegang pada sumber terpercaya dan hanya gunakan pengisi daya Anda sendiri atau pinjam dari seseorang yang Anda percaya. – Soket dinding lebih baik daripada port USB.

“Jika Anda harus menggunakan stasiun umum, matikan transmisi data di ponsel Anda sebelum menghubungkan. Ini menjamin bahwa hanya arus yang mengalir melalui kabel. Pertimbangkan juga kabel “pemblokiran data”. USB pemblokiran data mencegah transfer data antara perangkat Anda dan stasiun pengisian daya, sehingga hanya memungkinkan transfer daya” J menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *