Akurasi: Inflasi terbakar – 3,5% di bulan Desember [πίνακες] – Tukang pos keuangan

Inflasi meningkat menjadi 3,5% pada bulan Desember, menambah kekhawatiran yang kuat di kalangan masyarakat dan pemerintah mengenai apresiasi baru terhadap laju pertumbuhan.

Menurut data dari ELSTAT, CPI umum menunjukkan penurunan 0,1% pada bulan Desember dibandingkan November 2023, dibandingkan penurunan 0,5% pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Rata-rata CPI untuk dua belas bulan Januari 2023 hingga Desember 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 3,5% dibandingkan dengan indeks yang sama untuk dua belas bulan Januari 2022 – Desember 2022, dibandingkan dengan kenaikan sebesar 9,6% yang tercatat pada dua belas bulan Januari 2022 – Desember 2022 Januari 2021. – Desember 2021 dua belas bulan.

Dampak inflasi terhadap perekonomian dan peran harga energi

Angka-angka yang diumumkan oleh ELSTAT mengkonfirmasi gambaran pertama yang diberikan oleh Eurostat, dimana inflasi kembali meningkat pada bulan Desember di Yunani dan di seluruh zona euro. Inflasi zona euro naik menjadi 2,9% dari 2,4% pada bulan Desember, sementara inflasi Yunani naik menjadi 3,7% dari 2,9%, menurut data awal dari Eurostat.

Dalam beberapa hari terakhir, sorotan tertuju pada makanan, tingginya keuntungan perusahaan multinasional, perang tender-kredit dan rumah tangga Yunani yang menghadapi harga deterjen, produk pembersih rumah tangga, dan produk perawatan pribadi yang jauh lebih tinggi. Lupakan susu formula dan popok bayi.

Dengan langkah-langkah yang telah diumumkan dan sedang dipersiapkan oleh pemerintah untuk diterapkan, Menteri Pembangunan Kostas Skrekas memperkirakan kemarin bahwa harga dalam 2.000 kode akan diturunkan mulai bulan Maret.

Revaluasi

Statistik ELSTAT mengenai kenaikan harga pangan terungkap.

Harga minyak zaitun meningkat sebesar 58,5%, buah-buahan sebesar 15% dan sayur-sayuran sebesar 14%.

Harga air mineral dan minuman ringan naik 12,6%.

READ  Timur Tengah: Drone Iran terbang menuju Israel - serangan gabungan Hizbullah - Houthi

Obat-obatan meningkat sebesar 11,8% dan tiket pesawat sebesar 10%.

Sebaliknya, harga gas alam mencatat penurunan besar sebesar 52,9%, namun merupakan satu-satunya produk yang mencatat penurunan secara tahunan.

Namun, harga sayuran segar meningkat sebesar 5,7%, minyak zaitun sebesar 4,7% dan ikan segar sebesar 2,2% dalam sebulan.

Perbandingan dari tahun ke tahun

Peningkatan CPI umum sebesar 3,5% pada bulan Desember 2023 dibandingkan dengan indeks yang sama pada bulan Desember 2022 terutama disebabkan oleh perubahan pada kelompok barang dan jasa berikut:

1. Dari peningkatan indikator:

  • 8,9% makanan dan minuman non-alkohol pada kelompok, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: roti dan sereal, daging (umum), ikan (umum), susu dan telur, minyak zaitun, buah-buahan (umum), sayuran (umum), gula, coklat – permen -Es krim, makanan lainnya, kopi-kakao-teh, air mineral-minuman ringan-jus buah.
  • 2,2% pada kelompok minuman beralkohol dan tembakau, terutama disebabkan oleh kenaikan harga minuman beralkohol (non-operasional).
  • 2,8% pada kelompok pakaian jadi dan alas kaki disebabkan oleh kenaikan harga pakaian jadi dan alas kaki.
  • 1,9% pada kelompok barang tahan lama-barang dan jasa rumah tangga, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: furnitur, barang-barang dekoratif dan penutup lantai lainnya, barang-barang rumah tangga untuk konsumsi segera, jasa rumah tangga.
  • 5,5% pada kelompok Kesehatan, terutama disebabkan oleh kenaikan harga pada: obat-obatan, jasa medis-gigi dan paramedis, perawatan rumah sakit.
  • 0,3% pada kelompok angkutan, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: mobil baru, mobil bekas, suku cadang dan aksesoris mobil, pemeliharaan dan perbaikan alat angkutan pribadi, tiket penumpang pesawat. Peningkatan ini sebagian besar diimbangi oleh penurunan harga bahan bakar dan pelumas.
  • 2,6% pada kelompok kegiatan rekreasi-budaya, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: produk rekreasi, produk rekreasi kecil-bunga-hewan peliharaan, bioskop-teater, paket liburan. Peningkatan ini sebagian besar diimbangi oleh penurunan harga peralatan pemrosesan audio dan video.
  • 3,5% pada kelompok pendidikan, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: biaya pendidikan prasekolah dan dasar, biaya pendidikan menengah, dan biaya pendidikan tinggi.
  • 5,9% pada kelompok Hotel-Kafe-Restoran, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: Restoran-Batiseries-Kafe-Kantin, Hotel-Motel-Penginapan.
  • 1,7% pada kelompok barang dan jasa lainnya, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: salon rambut dan toko perawatan pribadi, produk perawatan pribadi lainnya, premi asuransi kesehatan, premi asuransi kendaraan.
READ  Medvedev mengancam AS, Inggris, dan Jerman dengan Armageddon jika Rusia kehilangan wilayahnya

2. Dari penurunan indeks:

  • 0,5% pada kelompok perumahan, terutama disebabkan oleh rendahnya harga gas alam. Sebagian dari penurunan ini diimbangi oleh kenaikan harga: sewa rumah, perbaikan dan pemeliharaan rumah, minyak pemanas, bahan bakar padat.
  • 3,2% pada kelompok komunikasi, terutama disebabkan oleh penurunan harga layanan telepon.

Meningkat dalam sebulan

Dibandingkan bulan November, Indeks Harga Konsumen pada bulan Desember 2023 mengalami penurunan sebesar 0,1%, terutama disebabkan oleh perubahan pada kelompok barang dan jasa berikut:

1. Dari pengurangan indikator:

  • 1,2% dari kelompok ini adalah minuman beralkohol dan tembakau, terutama karena rendahnya harga minuman beralkohol (tidak ditetapkan).
  • 0,7% pada kelompok perumahan, terutama disebabkan oleh rendahnya harga minyak pemanas. Sebagian dari penurunan ini diimbangi oleh kenaikan harga listrik.
  • 1,6% pada kelompok angkutan, terutama disebabkan oleh penurunan harga: bahan bakar dan pelumas, tiket pesawat penumpang.
  • 0,2% pada kelompok barang dan jasa lainnya, terutama disebabkan oleh lebih rendahnya harga barang-barang perawatan pribadi lainnya.

2. Dari peningkatan indikator:

  • 0,3% dari kelompok Makanan dan minuman non-alkohol, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: unggas, ikan segar, minyak zaitun, sayuran segar, sayuran yang diawetkan atau diolah. Peningkatan ini sebagian diimbangi oleh penurunan harga daging babi, daging dingin, buah segar, sayuran beku, dan kopi.
  • 1,3% pada kelompok pakaian jadi dan alas kaki disebabkan oleh kenaikan harga pakaian jadi dan alas kaki.
  • 0,9% pada kelompok Barang tahan lama-barang dan jasa rumah tangga, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: peralatan dan perbaikan rumah tangga, peralatan rumah tangga.
  • 0,4% pada kelompok Kegiatan Rekreasi-Budaya, terutama disebabkan oleh kenaikan harga pada Perbaikan Peralatan Audio-Visual-Komputer.
  • 0,7% pada kelompok Hotel-Kafe-Restoran, terutama disebabkan oleh kenaikan harga: Restoran-Batiseries-Kafe-Kantin, Hotel-Motel-Penginapan.
READ  Kapal Pesiar Terkenal Onassis Christina O Dijual - Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *