Pemkab Kediri Bekali Penyandang Disabilitas Melalui Keterampilan Merias

oleh -259 views

Kediri – Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kediri, terhadap penyandang disabilitas. Dinas Perekonomian Kabupaten Kediri memberikan pelatihan make up artis kepada sejumlah penyandang Diabilitas kabupaten Kediri. Pelatihan diberikan Dinas Perekonomian Kabupaten Kediri dengan menggandeng Acong MUA. Pembekalan keterampilan, tidak hanya menyasar pada tata rias wajah, melainkan juga lainya. Dari pelatihan tersebut, terpilih 5 orang untuk tampil pada kegiatan demo make up tutorial and Fasiaon Show by celow dan Rhiana Puteri Fashion Designer di Kediri Town Square Mall. Lima penyandang disabilitas yang terpilih mewakili masing masing adalah Aliya dengan tuna daksa,Rina dan Feri tuna rungu serta Mega.

Mereka diketahui sebelumnya sudah memiliki keterampilan daar make up dan memiliki kemauan keras untuk tetap terus belajar. Dengan skil yang dimiliki, mereka bisa merias secara bergantian para model. Hasilnya, tak kalah hebat, dengan perias profesional sekali pun. Dengan bakat yang sudah dimiliki, ini menandakan jika penyandang disabilitas memiliki kapasitas kemampuan yang sama dengan orang lain.  Diharapkan, dengan bakat yang sudah ada tersebut nantinya bisa dikembangkan dan dipergunakan untuk menopang perekonomian mereka.

” Demo make up ini sebenarnya sebagai ajang untuk menunjukan bahwa penyandang disabilitas itu mampu. Kemampuan me make up mereka layak disandingkan dengan make up artist lain.” Terang Kabid Rehsos Dinsos Kabupaten Kediri Dra. Diyah Saktiana M.Si

Sementara itu, terpisah ketua PDKK Umi Salamah menjelaskan, ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka untuk tampil diajang event besar. ” Kami merasa senang bisa menampilkan, karya make up kami ke khalayak pengunjung event ” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dinas terkait serta penggiat dunia make up artist dan ketua PDKK Umi Salamah.(adv/pen)