Komunitas Seni Gulung Tukar Tulungagung Tampilkan Film Durasi Pendek

oleh -26 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Sekelompok perkumpulan seni di Tulungagung yang mengadakan kegiatan pameran gambar dan menampilkan penayangan video dengan durasi pendek.

Kelompok yang menamakan “Gulung tukar” tersebut yang beranggotakan sekitar 50 orang muda mudi.

Benny Widio ketua kelompok gulung tukar menyampaikan, kelompok ini bergerak dibidang seni atau kesenian serta kebudayaan. Dalam artian memiliki arti yang sangat luas.

“Kelompok kita ini bergerak dibidang seni dan kebudayaan. Seperti seni lukis, fotograpy, patung, yang memadai kesenian yang lebih luas tanpa harus mengkotak-kotakan seni-seni apa saja,” kata Benny, Sabtu (12/1/2020) malam.

Selain seni dan fotograpy, lanjut Benny, ada juga puisi, sastra, musik, semuanya akan ditampung tanpa membeda-bedakannya.

Ada juga pemutaran film-film pendek (Durasi 2 hingga 5 menit) dan siapapun boleh mengirimkan video untuk ditayangkan. Dan ada 6 karya film, empat dari Tulungagung 2 dari Magelang. Dan ada penambahan lagi, 1 film dari Malang dan 4 dari Surabaya meminta untuk ditayangkan.

“Kemarin kita membuka open submission, siapun boleh mengirimkan karyanya bakal kita tayangkan. Dan ada 6 karya film pendek, 4 dari Tulungagung, 1 dari Magelang. Dan ada penambahan 1 dari Malang, 4 dari Surabaya, serta dari Jogjakarta ada 5 film untuk ditayangkan,” jelasnya.

Disinggung dengan gagalnya penanyangan film di SMAN Kedungwaru, ia menjelaskan, sempat menjalin kerjasama dengan pihak sekolah, namun karena ada beberapa hal pihak sekolah mengundurkan diri dan akhirnya gagal tayang di SMUKED. Namun mereka tetap mendukung dan siswanya ada yang mengirim film ke pihak komunitas.

“Kami sempat menjalin kerjasama dengan SMAN Kedungwaru, namun pihak SMUKED mengundurkan diri. Namun siswanya ada yang mengirim film ke kita, dan kalau kita ada kegiatan, pihak SMUKED mengirim siswanya untuk ikut kegiatan kita,” terang Benny Widio. (gus/fif/har)